Ketum PBNU, Mahfud MD, dan Erick Thohir Hadir di Haul Ke-42 KH Abdul Hamid Pasuruan

Ketum PBNU, Mahfud MD, dan Erick Thohir Hadir di Haul Ke-42 KH Abdul Hamid Pasuruan

Para tokoh nasional dan ulama-ulama besar Indonesia hadir di majelis haul ke-42 KH Abdul Hamid bin Abdulloh bin Umar -Istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Puncak peringatan haul ke-42 KH Abdul Hamid bin Abdulloh bin Umar hari ini Senin, 25 September 2023, dihadiri sejumlah tokoh nasional dari unsur Pengurus Besar Nahdlatul Ulama hingga jajaran menteri serta para ulama dari berbagai wilayah di Indonesia.

Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf dalam mau'idhoh hasanah-nya mengungkapkan, KH Abdul Hamid merupakan contoh nyata manusia dengan maqam tinggi.

Gus Yahya, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa maqam Kiai Hamid adalah waliyullah atau kekasih Allah. Semua orang menyakini kewalian Kiai Hamid.

BACA JUGA:Lautan Manusia di Haul ke-42 KH Abdul Hamid bin Abdulloh bin Umar Pasuruan

BACA JUGA:Semarak Lomba Seni Hadrah Al Banjari Menyambut Haul ke-42 KH Abdul Hamid

Bukti kecintaan Allah kepada walinya tampak dari setiap peringatan haul. Yakni, lautan manusia menghadiri haul tersebut untuk ngalap barokah.

"Dari berbagai kisah bahwa Kiai Hamid tidak terbantahkan kewaliannya. Beliau ini manusia dengan maqam tertinggi, yakni waliyullah atau kekasih Allah, sehingga kalau beliau berdoa, insya Allah banyak yang langsung dikabulkan Allah SWT," ujar Gus Yahya.

Ungkapan yang sama disampaikan Menkopolhukam Mahfud MD. Menteri berdarah Madura itu mengungkapkan kisah nyata kawannya yang 20 tahun sebelumnya disebut oleh Kiai Hamid akan menjadi menteri luar negeri.

BACA JUGA:Rapat Koordinasi Pematangan Persiapan Haul KH Abdul Hamid

BACA JUGA:Gus Ipul Ikut Siapkan Haul KH Abdul Hamid

Menurut Mahfud, para waliyullah memiliki kasyafah alias kemampuan yang tidak bisa dijangkau manusia biasa.

"Peringatan haul beliau ini menjadi bukti bahwa sampai sekarang beliau ini masih membawa berkah bagi sekelilingnya. Bagi Kota Pasuruan khususnya," ujar Mahfud.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, meski dirinya tidak mengikuti kisah-kisah Kiai Hamid, banyaknya masyarakat yang hadir di acara haul tersebut menjadi bukti bahwa Kiai Hamid adalah sosok ulama yang dicintai hingga saat ini.

"Saya memang tidak mengenal beliau. Tapi, dari berbagai kisah dan melihat banyaknya jamaah yang hadir, saya yakin beliau ini orang terpilih di mata Allah SWT," ujar Erick. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: