Semarak Lomba Seni Hadrah Al Banjari Menyambut Haul ke-42 KH Abdul Hamid

Semarak Lomba Seni Hadrah Al Banjari Menyambut Haul ke-42 KH Abdul Hamid

Lomba Albanjari Kota Pasuruan -Dinas Kominfotik Kota Pasuruan-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Sekitar 30 an grup peserta lomba seni hadrah Al Banjari memadati halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota PASURUAN, Jumat 22 September 2023. 

Kantor yang beralamat di Jalan Sunan Ampel, Kelurahan Petamanan, Kota Pasuruan ini jadi tempat menggelar lomba Al- Banjari. 

Lomba ini merupakan rangkaian dari peringatan haul ke-42 ulama terkenal Pasuruan, yakni KH Abdul Hamid bin Abdullah bin Umar. 

BACA JUGA:Tips Mudah Tambah Daya Listrik PLN Secara Online Maupun Offline

BACA JUGA:Bupati dan Wabup Pasuruan Pamit di Hari Terakhir Masa Jabatan

Para peserta yang merupakan perwakilan grup Al Banjari dari berbagai kelurahan di Kota Pasuruan ini tampak bersemangat menunggu nomor panggilan untuk naik ke atas panggung.

Kepala Dinas P&K Kota Pasuruan Lucky Danardono mengungkapkan, Hadrah Al Banjari merupakan kesenian dan kebudayaan yang harus dipertahankan di era modernisasi ini.

Menurut Lucky, regenerasi Al Banjari harus didukung supaya tetap terjaga tidak tergerus modernisasi.

"Al Banjari sebagai musik tradisional yang memiliki sejarah yang panjang, harus mendapatkan dukungan untuk tetap terjaga regenerasinya," kata Lucky. 

Peringatan haul ke-42 KH Abdul Hamid dirasa cocok jika diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba kesenian Hadrah Al Banjari. "Lomba ini dalam rangka menyambut haul KH Hamid," katanya. 

Lucky berharap lomba itu sebagai motor penggerak regenerasi grup Al Banjari di kelurahan-kelurahan. Sehingga budaya lokal dan musik religi dapat bertahan di tengah gempuran zaman.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: