Sanggoe Minta Basuki Hadimuljono Bangun Skate Park di IKN

Sanggoe Minta Basuki Hadimuljono Bangun Skate Park di IKN

Sanggoe Darma Tanjung bersama CdM Indonesia Basuki Hadimuljono.-NOC Indonesia-

HARIAN DISWAY - Begitu selesai pengalungan medali, Sanggoe Darma Tanjung langsung didatangi Chef de Mission tim Indonesia di Asian Games 2023 Basuki Hadimuljono. Menteri PUPR itu memberi ucapan selamat kepada skateboarder 21 tahu asal Bali itu. Basuki pun menanyakan apa keinginan Sanggoe setelah meraih perak di Asian Games.

"Saya ingin nanti di IKN ada skate park saja sih, Pak,” kata Sanggoe kepada Basuki. 

Sanggoe tahu persis bahwa Basuki adalah menteri yang punya peran besar dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Basuki pun manggut-manggut mendengar permintaan sederhana dari Sanggoe.

Basuki tidak menjanjikan apapun kepada Sanggoe soal pembangunan skate park di IKN. Tentu saat ini desain IKN sudah jadi. Proses pembangunannya juga sudah dilakukan. Tentu Basuki meski sebagai menteri PUPR tidak bisa seenaknya mengubah atau menambah desain yang sudah ada. 

BACA JUGA:Sanggoe, Skateboarder Asal Bali, Raih Perak Asian Games

Selain itu, Sanggoe juga mengadu kepada Basuki soal kondisi skate park di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). "Saya tadi juga sudah dipesan kalau di Taman Mini ada skate park yang katanya terbengkalai, nanti kita perbaiki,” kata Basuki.

Basuki juga memuji Sanggoe yang belajar skateboard secara otodidak. Sanggota memang tidak menghabiskan anggaran pembinaan seperti cabor lainnya. Ia tidak memiliki pelatih. Juga tidak melakukan training center sebagaimana layaknya atlet yang akan berlaga di kejuaraan berskala internasional. 

Sanggoe meraih perak skateboard nomor men's street di Qiantang Roller Sport Center, Hangzhou, Tiongkok, 27 September 2023. Ia meraih total poin 200,64 setelah lima kali mencoba trik. Dua kali ia berhasil. Tiga kesempatan lainnya ia gagal. 

Medali emas di nomor ini diraih atlet Tiongkok Zhang Jie dengan total poin 231,14. Sedangkan medali perunggu juga direbut atlet Tiongkok Sy Juanjun dengan 195,73 poin. 

"Terima kasih buat semuanya, saya tidak menyangka juga dapat medali karena Jepang, Tiongkok, Korea sekarang ganas-ganas mainnya. Masih penasaran untuk bisa dapat medali emas sebenarnya. Kita harus coba latihan terus,” kata Sanggoe seperti dirilis NOC.

BACA JUGA:Medali Perak Asian Games 2022 Awali Mimpi Sanggoe Darma Tanjung ke Olimpiade

Bagi Sanggoe, medali perak Asian Games ini adalah yang kedua ia raih. Pada Asian Games 2018 di Jakarta, Sanggoe juga meraih perak. Saat itu usia Sanggoe baru 16 tahun. Sebenarnya, Sanggoe mengincar untuk bisa tampil di Olimpiade Paris. Untuk itu, ia harus banyak ikut kejuaraan dunia agar bisa mengumpulkan poin yang cukup untuk tampil di Olimpiade. 

Di nomor men's street juga ada atlet Indonesia lainnya, yakni Basral Graito Hutomo. Usianya baru 16 tahun. Capaiannya juga luar biasa. Ia meraih poin 173,79 poin dan menduduki peringkat keempat. Nyaris saja ia mendapat perunggu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: