Sanggoe, Skateboarder Asal Bali, Raih Perak Asian Games

Sanggoe, Skateboarder Asal Bali, Raih Perak Asian Games

Sanggoe Darma Tanjung sebelum tampil di nomor men's street skateboard Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok. -NOC Indonesia-

HARIAN DISWAY - Tanpa pelatih, tanpa program khusus dan training center, Sanggoe Darma Tanjung mampu meraih prestasi membanggakan di ajang Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok. Skateboarder 21 tahun asal Bali itu meraih perak di nomor men's street

Sanggoe tapil penuh percaya diri di Qiantang Roller Sports Center. Pada run pertama, Sanggoe mendapatkan 62,64 poin. Dan di run kedua, atlet yang menggeluti skateboard sejak usia 5 tahun itu mampu melakukan trik andalan dan mendapat ganjaran poin lebih besar yakni 64,77. 

Lalu di nomor trik, Sanggoe mampu menyelesaikan 2 trik dari lima kesempatan yang diberikan. Juri memberinya skor 68,08 pada percobaan trik kedua dan 67,78 pada percobaan ketiga. Total poin yang diraih Sanggoe adalah 200,64.

BACA JUGA:Sempat Putuskan Pensiun, Harris Raih Emas Wushu Asian Games

Medali emas di nomor ini diraih atlet Tiongkok Zhang Jie dengan total poin 231,14. Sedangkan medali perunggu juga direbut atlet Tiongkok Sy Juanjun dengan 195,73 poin. 

"Terima kasih buat semuanya, saya tidak menyangka juga dapat medali karena Jepang, Tiongkok, Korea sekarang ganas-ganas mainnya. Masih penasaran untuk bisa dapat medali emas sebenarnya. Kita harus coba latihan terus,” kata Sanggoe seperti dirilis NOC.


Aksi Sanggoe Darma Tanjung saat melakukan trik pada run kedua nomro men's street Asiang Games di Hangzhou, Tiongkok.-NOC Indonesia-

Sebenarnya di nomor tersebut ada skateboarder peringkat tiga dunia Ginu Onodera. Namun Ginu tidak mampu menampilkan performa terbaiknya dan hanya mampu meraih peringkat ketujuh dengan 76,39 poin. 

"Tadi saya kira dia (Ginu) yang dapat medali emas. Tapi setiap pemain karakternya beda-beda, lebih karena sering latihan tiap hari. Kalau saya main skate belajar otodidak dari umur 5 tahun," kata Sanggoe.

BACA JUGA:Tera dan Harris Horatius Sumbang Emas, Indonesia Naik ke Posisi Ketujuh di Asian Games 2023

Saat tampil, Sanggoe dua kali terjatuh. Itu terjadi saat ia mencoba melakukan satu trik andalan. Karena speed-nya terlalu kencang, ia gagal di best-trick tersebut. Seandainya trik itu berhasil ia lakukan, kemungkinan Sanggoe bisa meraih emas.

Sanggoe sudah dua kali meraih perak di Asian Games. Sebelunya, ia juga meraih perak di Asian Games 2018 di Jakarta.  "Mau ke Olympic Paris. Tapi kan ada poin-poinnya, Indonesia skateboard-nya belum tentu bisa ikut, jadi kita harus kejar poinnya karena sudah ada beberapa kualifikasi tapi kita tidak ikut,” ujarnya. 

BACA JUGA:Sanggoe Minta Basuki Hadimuljono Bangun Skate Park di IKN

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia Basuki Hadimuljono beserta Sekretaris CdM Wijaya Noeradi dan Deputi III CdM Dadang Rukmana menyaksikan perjuangan Sanggoe. Saat memberi selamat kepada Sanggoe, Basuki mendapatkan satu permintaan khusus dari Sanggoe. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: