Sanggoe, Skateboarder Asal Bali, Raih Perak Asian Games

Sanggoe, Skateboarder Asal Bali, Raih Perak Asian Games

Sanggoe Darma Tanjung sebelum tampil di nomor men's street skateboard Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok. -NOC Indonesia-

Sanggoe berharap di Ibu Kota Nusantara (IKN) dibangun skate park yang bagus dan memadai.  "Saya tadi juga sudah dipesan kalau di Taman Mini ada skate park yang katanya terbengkalai, nanti kita perbaiki,” kata Basuki. 

BACA JUGA:Medali Perak Asian Games 2022 Awali Mimpi Sanggoe Darma Tanjung ke Olimpiade

Basuki mengapresias perjuangan Sanggoe. "Semua tahu mungkin he’s better. Sanggoe ini sudah hebat, tidak ada pelatih, tidak ada program bisa dapat perak, orang lain sudah TC di mana-mana,” kata Basuki. 

Sanggoe mengenal skateboard sejak usia 5 tahun. Prestasi dunianya cukup banyak. Ia pernag menempati peringat 3 FISE World Malaysia pada 2014. Kemudian pernah peringakt 3 X Games 2015 di Tiongkok. Pada 2016 menempati peringkat 2 Asian Skateboarding Men Stret Final. Lalu pada 2018 mendapatkan medali perak Asian Games. Dan pada 2019 mendapat medali emas SEA Games 2019. 

Prestasi itu membuat Sanggoe dilirik banyak sponsor. Brand-brand ternama sempat mengontraknya yakni New Balance Numeric, Volcom, Oakley, Spitfire, dan Ele Hardware. Sanggoe juga skateboarder Indonesia pertama yang bisa masuk tim Flip Skateboards. Di tim itu ada nama-nama besar seperti Bob Burnquist, Tom Penny, dan Arti Saari.  Ia juga atlet papan luncur pertama Indonesia yang bisa tampil di Street League Skateboarding (SLS). (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: