Bagaimana Kondisi Kejiwaan Anda Saat Ini? Kenali Ciri-ciri Orang yang Alami Gangguan Mental

Bagaimana Kondisi Kejiwaan Anda Saat Ini? Kenali Ciri-ciri Orang yang Alami Gangguan Mental

Kenalilah ciri-ciri orang yang mengalami gangguan kesehatan mental agar Anda bisa mewaspadai gangguan pada diri sendiri. -Internet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Gangguan kesehatan mental bisa dialami oleh siapa saja. Bisa jadi saat ini mental kita dalam keadaan yang tidak sedang baik-baik saja. Sebab, banyak orang yang tidak sadar dengan kondisi tersebut.

Gangguan kesehatan mental adalah kondisi ada gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi. Akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk. Gangguan kesehatan mental juga sering disebut dengan gangguan jiwa

Jika seorang mengalami gangguan jiwa, bukan berarti orang tersebut gila ya. Gangguan jiwa atau kesehatan mental dapat diobati dengan pergi ke dokter. Gangguan kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh faktor biologis dan psikologis. 

BACA JUGA: Cara Melunasi Tagihan Tertunggak BPJS Kesehatan

Faktor biologis disebut juga gangguan mental organik. Gangguan ini disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya gangguan pada fungsi sel saraf di otak Infeksi. Misalnya akibat bakteri streptococcus. 

Selain itu, faktor biologis juga dipengaruhi oleh kelainan bawaan atau cedera pada otak. Faktor psikologis. Faktor ini juga banyak sebabnya. 

Di antaranya, peristiwa traumatik, seperti kekerasan dan pelecehan seksual. Kehilangan orang yang kita sayangi, kurang mampu bergaul dengan orang lain.

Selain itu juga disebabkan karena kasus perceraian atau hal lain yang menyangkut perasaan seseorang. 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan mental atau jiwa, ada beberapa tanda atau gejala yang menjadi penyebabnya. Penderitanya bisa mengalami gangguan pada emosi, pola pikir, dan perilaku.

BACA JUGA: Simak Cara Daftar KUR BRI 2023: Modal Usaha Terjangkau untuk UMKM

Berikut ini gejala penderita yang mengalami gangguan kesehatan mental:

1. Delusi. Meyakini sesuatu yang tidak nyata atau tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

2. Halusinasi. Kondisi ini terjadi ketika seseorang melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak nyata.

3. Suasana hati yang berubah-ubah dalam periode-periode tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: