Batik dan Aora Wistara Binaan PLN Tarik Minat Wisatawan Mancanegara

Batik dan Aora Wistara Binaan PLN Tarik Minat Wisatawan Mancanegara

Eliot, warga negara Prancis yang menyimak penjelasan mitra binaan PLN tentang budaya batik Indonesia. -Humas PLN-

HARIAN DISWAY - Mitra Binaan PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) yaitu Batik Wistara dan Aora Wistara dikunjungi Kementrian Badan Usaha Milik Negara (Kementrian BUMN), pada Rabu, 27 September 2023.

Saat itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan UMKM Loto Srinaita Ginting sangat tertarik untuk mengunjungi Batik Wistara. Ketertarikan ini berasal dari Bazar UMKM yang dilaksanakan di Sarinah Jakarta pada 21-24 September 2023.

Loto mengungkapkan ketertarikannya pada batik yang dihasilkan oleh anak berkebutuhan khusus atau disabilitas. Dengan motto "Kami Beda Tapi Luar Biasa" para seniman disabilitas mampu menunjukkan kemampuan seninya.

Melalui batik serta menjahit sehingga menghasilkan batik yang berkualitas. Tidak hanya itu, para model disabilitas dari Aora Wistara juga memukau setiap penonton yang hadir.

Melihat hal itu, Loto sangat bangga dengan PLN yang mampu membina mitra binaan sehingga dapat meningkat seperti sekarang dan dikenal di tingkat nasional.

Seperti diketahui PLN senantiasa membawa Batik Wistara dan Aora Wistara pada beberapa pameran untuk meningkatkan pemasaran akan batik ini serta sekolah aora wistara.

PLN juga telah membina mitra binaan ini selama empat tahun. Memberi bantuan infrastruktur, sarana dan prasarana membatik serta biaya melakukan pelatihan dan sebagainya telah diberikan PLN untuk meningkatkan Batik Wistara dan Aora Wistara.

BACA JUGA: PLN Icon Plus Rapikan Kabel untuk Jaga Estetika Tiang-tiang di Madiun

BACA JUGA: Tips Mudah Tambah Daya Listrik PLN Secara Online Maupun Offline

“Saya meninjau langsung dan melihat keseharian mereka sangat luar biasa, masing-masing anak spesial ini diarahkan sesuai dengan ketrampilan mereka masing-masing. Hasilnya pun memukau. Asalkan konsisten saya yakin ini akan berkembang pesat,” ucap Loto.

Ariyono Setiawan, ST, MT, Founder Batik Wistara juga menerangkan bahwa Batik Wistara dan Aora Wistara selama empat tahun terakhir ini mendapat pertumbuhan pesat setelah dibantu PLN.

Ari menerangkan bahwa usaha ini awalnya dirintis sebagai social enterpreneur untuk mengembangkan anak-anak berkebutuhan khusus. Ari tergerak oleh kebutuhan ABK dalam mencari pekerjaan. 

Saat ini, Batik Wistara telah berkembang pesat. Bahkan dalam setahun terakhir telah mampu membuka Sekolah Keterampilan Khusus.

Di sana, Aora Wistara memberikan pelatihan dan pembelajaran berupa 15 keterampilan kepada siswa berkebutuhan khusus. Di antaranya membatik, modelling, make up, melukis, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: