PLN Icon Plus Rapikan Kabel untuk Jaga Estetika Tiang-tiang di Madiun

PLN Icon Plus Rapikan Kabel untuk Jaga Estetika Tiang-tiang di Madiun

Proses perapian kabel-kabel fiber optic yang bertujuan untuk menjaga aset, estetika kota, agar pelaksanaan penanganan gangguan lebih efektif. -M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

MADIUN, HARIAN DISWAY - PLN Icon Plus sedang melakukan perapian kabel fiber optic yang semrawut di area Madiun. Kegiatan ini didampingi oleh PT PLN UP3 Madiun selaku holding dan pemilik aset tiang PLN area Madiun.

“Kegiatan ini dilakukan mulai dari tugu 0 km sampai dengan Mc Donalds di Jalan Panglima Sudirman, Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun,” kata General Manager PLN Icon Plus SBU Rory Aditya didampingi Manager Operasi Pemeliharaan dan aset SBU Regional Jawa Bagian Timur Titus Herman Efendy.

Perapian kabel di area Madiun ini dilakukan untuk mempermudah proses perawatan dan perbaikan jaringan internet. Selain itu untuk mengetahui kabel milik siapa saja yang terpasang.
GM PLN Icon Plus SBU Rory Aditya (kiri) didampingi Titus Herman Efendy melakukan pengawasan terhadap para pekerja yang sedang merapikan kabel fiber optic. -M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

BACA JUGA: Tips Mudah Tambah Daya Listrik PLN Secara Online Maupun Offline

Kegiatan ini juga merupakan komitmen untuk menjaga aset atau right of ways (RoW) tiang-tiang milik PLN. 

PLN Icon Plus menurunkan 5 orang teknisi, 1 orang pengawas pekerjaan, dan 1 orang pengawas K3. Mereka inilah yang melakukan perawatan dan perbaikan kabel di area Madiun.

Para petugas juga melakukan pendataan terhadap kabel yang terpasang tiang PLN. Sehingga petugas akan mengetahui apakah kabel ini milik PLN atau bukan.

“Icon Plus sangat mendukung kegiatan perapian ini untuk menjaga keselamatan tenaga kelistrikan,” ucap Manager PT PLN UP3 Suhandopo.
Tujuh personel PLN yang menata kabel semrawut di Jalan Ahmad Yani, Madiun. -M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

BACA JUGA: Eratkan Sinergitas Demi Pembangunan Infratruktur Kelistrikan: PLN UIP JBTB Audiensi dengan Kejaksaan Tinggi Bali

Kabel yang semrawut sangat berbahaya bagi keselamatan pengguna jalan. Selain itu perawatan kabel ini dilakukan guna memperindah dan menjaga estetika jalan raya.

Perapian dan perawatan kabel ini sudah melewati perizinan yang dilakukan oleh Icon Plus. Kegiatan ini juga merupakan inisiasi dari PLN Icon Plus. Sehingga nantinya PLN Icon Plus memiliki kegiatan lanjutan yang dilakukan bekerja sama dengan PLN.

BACA JUGA: BPN Bali Siap Bersinergi dengan PLN UIP JBTB

Teknis pelaksanaan dari perapihan kabel ini adalah dengan cara melakukan pendataan terhadap kabel yang terpasang ditiang PLN. Selanjutnya akan dilakukan pemotongan terhadap kabel yang tidak gunakan.
Seorang pekerja sedang memindahkan tangga dari satu titik ke titik lain untuk menjangkau ketinggian saat merapikan kabel fiber optic. -M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

“Kabel yang masih terdapat muatan akan dilakukan penggabungan dengan melakukan O–ring atau diikat menjadi satu kesatuan sehingga secara estetika lebih bagus,” kata Rory.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: