Kisah Hidup Legenda Musik Nusantara Catharina Wiriadinata Leimena Sudah Difilmkan, Ini 5 Hal Tentangnya

Kisah Hidup Legenda Musik Nusantara Catharina Wiriadinata Leimena Sudah Difilmkan, Ini 5 Hal Tentangnya

Potongan film dokumenter tentang Catharina Wiriadinata Leimena, guru legendaris yang dikenal akan kiprahnya dalam musik Nusantara selama lebih dari setengah abad. --

HARIAN DISWAY - Tak banyak orang mengenal Catharina Wiriadinata Leimena. Legenda musik Nusantara yang kisah hidupnya sudah diabadikan dalam film dokumenter berjudul Catharina Leimena: Show Must Go On.
 
Dalam dunia musik, soosok Catharina memang menginspirasi. Sayang, cerita seputar tentangnya belum banyak diangkat. Bagi generasi muda saat ini, mungkin namanya terdengar asing. Padahal Catharina adalah tokoh industri musik Tanah Air.
 
Seorang guru legendaris yang dikenal akan kiprahnya dalam musik Nusantara selama lebih dari setengah abad. Catharina dikenal sebagai seorang penyanyi opera yang sangat setia dengan dunianya itu. 
 
 
Berbicara tentang kelebihan dan segala yang telah diraihnya, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentangnya. Setidaknya ada lima hal berikut:
Adegan film dokumenter tentang legenda musik Nusantara Catharina Leimena: Show Must Go On. --
 
1. Menekuni aliran seni vokal bel canto
Bel canto disebut juga menyanyi indah. Di Indonesia, tak banyak yang mampu bernyanyi sepertinya, dan Catharina adalah salah satu yang mumpuni di bidang tersebut.
 
2. Catharina mementaskan opera sejak ‘1970an
Dia selalu menunjukkan passion dan konsistensinya dalam memajukan musik asal Italia tersebut. Bahkan mengadikan bakatnya itu sejak ‘1970an.
 
Tak cuma hebat di atas pentas, dia juga turun langsung sebagai guru yang mengajar dan mendidik muridnya agar dapat menjadi penerusnya.
 
3. Tak cuma fokus di dunia musik
Apakah dia hanya fokus tentang musik? Jawabannya tidak. Karena dia juga pernah duduk di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
 
Bakatnya menyanyinya terus ia asah hingga berhasil mendapat beasiswa untuk memperdalam seni vokal dan opera.
 
Ia belajar di bawah bimbingan Profesor Anzelotti Zurlo, dosen di Accademia di Santa Cecilia.
 
Selepas itu, ia melanjutkan studinya di Conservatorio di Musica Giuseppe Verdi, Milan, Italia, untuk seni vokal dan opera dengan bimbingan Profesor Carla Castelanni.
 
4. Meraih pencapaian bergengsi
Tak tanggung-tanggung, kemampuannya terbukti dengan jam terbang pentasnya. Pada 1965, Catharina lulus dan meraih Diploma per il Canto Artistico.
 
Ia berhak ikut dalam pergelaran karya-karya Claudio Monteverdi dengan dirigen muda Riccardo Mutti di hadapan Paus Paulus VI di Vatikan dan Teater Lugano, Swiss.
 
5. Mendapat sebutan "gurunya guru vokal"
Hingga usia senjanya, Catharina masih setia dengan musik. Dia terus menjadi pengajar. Sampai-sampai dia dijuluki “gurunya guru vokal”.
Film inspiratif tentang Catharina Wiriadinata Leimena dapat disaksikan di aplikasi Bioskop Online. --
 
 
Ia percaya bahwa menyanyi itu bukan cuma membutuhkan bakat, tapi juga kemampuan berpikir yang tinggi. Karena untuk menyanyi diperlukan nalar dan logika.
 
Penasaran dengan sosoknya yang luar biasa? Anda bisa melihat bagaimana dia berkarier dan berpentas dengan begitu indahnya lewat sebuah film dokumenter tentang dirinya.
 
Jadi silakan saksikan film yang disutradarai oleh Patar Simatupang itu. Film itu layak ditonton. Terbukti pernah menjadi Nominasi Film Dokumenter Panjang Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2021.
 
Meskipun telah lewat masa tayangnya beberapa tahun lalu, film inspiratif tersebut masih dapat disaksikan di aplikasi Bioskop Online. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: