Selain Terkenal sebagai Albus Dumbledore, Inilah Deretan Film dan Serial TV Paling Memorable Sepanjang Karier Michael Gambon

Selain Terkenal sebagai Albus Dumbledore, Inilah Deretan Film dan Serial TV Paling Memorable Sepanjang Karier Michael Gambon

Dalam soal akting, Michael Gambon diakui adalah salah seorang aktor yang luar biasa. Banyak peran telah ia mainkan dalam sejumlah film dan serial TV. -BBC-

HARIAN DISWAY - Memerankan peran sebagai kepala sekolah penyihir dalam film Harry Potter, nama Michael Gambon paling populer dikenal sebagai Albus Dumbledore.

Tapi sesungguhnya, Gambon yang kini telah pergi dan beristirahat dengan tenang untuk selamanya, membintangi segudang rentetan film dan serial TV lain yang tak kalah keren semasa hidupnya. 

Bergelut di dunia akting selama lebih dari lima dekade, tentu membuat Gambon seorang aktor senior yang mumpuni dan berpengalaman luas dalam dunia akting yang ia jalani selama ini.

Tak hanya lewat film, Gambon dikenal luas karena membintangi berbagai serial TV dan juga radio. Bayangkan, ada 72 film, 64 serial TV, 10 peran radio, dan lain sebagainya yang ia lakoni.

Semua daftar karya Gambon itu menjadi bukti kehebatannya selama ini. Bahkan berkat karyanya itu, ia mendapatkan penghargaan dari British Academy Television Awards (BAFTA).

Tak tanggung-tanggung, dirinya mampu menyabet empat penghargaan BAFTA. Selain itu, dirinya juga sempat menjadi nominasi di Emmy Awards pada 2002 dan 2010. Meskipun tak berhasil memenangkan keduanya. 

BACA JUGA: RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon Meninggal di Usia 82 Tahun

Mengenang kembali karya dan hasil kerja kerasnya selama berkarier lebih dari lima dekade, berikut film dan serial TV yang dibintangi Gambon yang paling memorable yang harus Anda simak lagi untuk mengenangnya.

Harry Potter

Film yang ia bintangi satu ini tentu sudah sangat tidak asing di telinga para penggemar Gambon. Pasalnya, Gambon memang sangat dikenal lewat aktingnya selama delapan tahun membersamai film Harry Potter.

Ia berperan sebagai Albus Dumbledore, kepala sekolah Hogwarts yang merupakan sekolah khusus anak-anak yang memiliki kemampuan sihir.

Di sinilah, aktingnya mampu membuat penonton tak memiliki pilihan selain jatuh cinta pada skill aktingnya yang luar biasa. Memang tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA: Warner Bros Garap Serial Harry Potter, Tunggu Restu J.K. Rowling

The Singing Detective

Mengambil peran utama di sebuah serial milik BBC, Gambon cukup dikenal luas lewat perannya di sini. Bagaimana tidak, karakter yang ia mainkan adalah seorang pria yang terkena penyakit kulit kronis.

Lengkap dengan riasan profesional yang mampu menggambarkan penyakit yang ia derita. Kehadiran Gambon dalam serial ini membuat banyak audiens merasa takjub dengan peran dan karakter yang ia mainkan.

Ia juga mendapat banyak pujian serta respon positif dari publik dari serial TV ini disiarkan BBC pada 1986 dengan 6 epidode itu. 

Maigret (ITV Series)

Tak hanya terlihat keren dengan berperan sebagai kepala sekolah, Gambon memukau lewat perannya sebagai seorang detektif Perancis lewat serial ini.

Ia berperan sebagai inspektur Georges Simenon. Tampil ertopi dan bermantel panjang menjadi ciri khas karakternya dalam serial ini. 

BACA JUGA: 10 Rahasia ‘Harry Potter’ Terungkap dalam ‘Return to Hogwarts’

Maigret yang disiarkan pada 1992 hingga 1993 itu mengusung tema kriminal yang kental. Meski begitu, peran ini tetap terlihat cocok untuk Gambon yang memang berbakat memerankan banyak karakter semasa kariernya.

Perfect Stranger

Melalui serial mini yang tayang 2001 silam itu, Gambon memerankan peran utama sebagai Raymond Symon yang merupakan seorang ayah dari Daniel Symon.

Karakternya di serial ini memiliki watak yang sinis dan sarkastik. Tak hanya itu, Raymond yang diperankan Gambon juga bercerita tentang hubungan keluarga yang tidak baik antara dirinya dan kerabatnya.

Mengandung banyak lika-liku dan emosi, serial ini bisa menjadi opsi tontonan kalian yang ingin mengenang sosok Gambon semasa kariernya. 

BACA JUGA: Simak Profil dan Perjalanan Karier Singkat Michael Gambon yang Dikenal Paling Top Berkat Perannya sebagai Albus Dumbledore

Path to War

Mengambil peran penting yang tak biasa, dalam filmnya yang satu ini, Gambon memerankan peran seorang presiden bernama Lyndon B. Johnson.

Tayang pada 2002, film "Path to War" merupakan biographical drama yang menceritakan tentang presiden Johnson dan keputusan-keputusannya selama perang Vietnam berlangsung. 

Terlepas dari tanggapan dan komentar publik mengenai film ini, Gambon yang menggambarkan karakter kompleks dan penuh konflik dalam menjaga keseimbangan dalam kekuasaanya sebagai presiden, membuahkan hasil membaggakan.

Lewat film ini, Gambon berhasil menjadi nominasi sebagai Outstanding Lead Actor in a Miniseries or Movie dari Emmy Awards. Prestasi ini merupakan salah satu pencapaiannya yang luar biasa. Sayang, Gambon tak memenangkan nominasi tersebut.  

BACA JUGA: Review Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore (1)

Itulah deretan film dan serial TV yang pernah dibintangi oleh Gambon. Tentu masih ada banyak film dan serial TV lainnya yang ia bintangi seperti Emma, Othello, The King's Speech, The Insider, Sleepy Hollow, sampai Victoria & Abdul and Gosford Park.

Dari catatan itu, terlihatlah bahwa Gambon merupakan aktor hebat. Ia akan selalu berada di hati para penggemarnya. Juga lewat karya-karyanya yang akan selalu dikenang di seluruh dunia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber