RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon Meninggal di Usia 82 Tahun

RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon Meninggal di Usia 82 Tahun

RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon meninggal di usia 82 tahun.-Warner Bros.-

HARIAN DISWAY - Aktor Inggris Michael Gambon meninggal dunia dalam usia 82 tahun. Ia paling dikenal lewat perannya sebagai penyihir hebat Albus Dumbledor dalam enam film Harry Potter.

''Michael, suami dan ayah yang sangat kami cintai, meninggal dalam damai di rumah sakit. Kami menemaninya di saat-saat akhirnya,’’ tutur istri Michael Gambon, Anne Miller, dalam pernyataan yang dirilis pada Kamis, 28 September 2023, seperti dikutip BBC.

Menurut Anne Miller dan putra mereka, Fergus, Michael Gambon sudah beberapa hari dirawat di rumah sakit. Karena menderita pneumonia.

BACA JUGA: Warner Bros Garap Serial Harry Potter, Tunggu Restu J.K. Rowling

Michael Gambon mengambil alih peran Albus Dumbledore mulai film ketiga. Tepatnya Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, yang dirilis pada 2004. Ia menggantikan pemeran Dumbledore sebelumnya, Richard Harris, yang meninggal dunia pada 2003.


RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon meninggal di usia 82 tahun.-AFP-

Delapan tahun membersamai Harry Potter, tidak mengherankan kalau para pemain franchise film tersebut merasa sangat dekat dengan Michael Gambon. Mereka mengenang hangatnya interaksi dengan aktor yang telah membintangi 79 judul film dan puluhan serial TV tersebut.

''Ia membuat kariernya begitu berwarna dengan karya yang begitu beragam. Ia enggak pernah menghakimi pekerjaan. Pokoknya main saja,'' ungkap Fiona Shaw, pemeran Petunia Dursley kepada BBC Radio 4.

BACA JUGA: J.K. Rowling Merestui Serial Harry Potter HBO, Ini Empat Permintaan Penggemar

Shaw juga menyebut, Michael Gambon adalah sosok yang jenaka. Ia sangat suka bercanda. ''Ia usil banget. Tukang mengerjai orang nomor satu. Ia pria jail yang mengagumkan. Lewat pesan singkat, enggak ada yang usilnya melebihi dia. Ia bisa melakukan apa saja,'' cerita Fiona Shaw.

Jason Isaacs, yang memerankan Lucius Malfoy, langsung menuliskan kesannya tentang Michael Gambon di media sosial.

''Aku belajar akting itu seperti apa ya dari Michael Gambon. Tepatnya dari (serial TV) The Singing Detective (tayang pada 1986, Red). Ia menunjukkan cara bermain yang kompleks, rapuh, tapi sekaligus menyeluruh,'' puji Jason Isaacs.

BACA JUGA: Belum Rilis, Game Harry Potter Hogwarts Legacy Kena Boikot, J.K. Rowling Dianggap Transfobik

''Salah satu kebahagiaan terbesarku bermain dalam film Harry Potter adalah ketika ia mengtahui namaku. Dan ia dengan cepat membagikan selera humornya yang luar biasa denganku,'' tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc