RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon Meninggal di Usia 82 Tahun

RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon Meninggal di Usia 82 Tahun

RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon meninggal di usia 82 tahun.-Warner Bros.-

Daniel Radcliffe panik. Karena suara kentut itu terdengar dari kantung tidurnya. Ia diam-diam mendongak. Saat itulah, Michael Gambon dan Alan Rickman mulai cekikikan. Scene itu pun ambyar gara-gara seluruh kru meledak tertawa.

''Mereka menaruh mesin kentut di kantung tidurku. Michael Gambon yang menekan tombolnya,'' cerita Daniel Radclife. Sudah begitu, sang aktor senior masih sempat-sempatnya berlagak menyalahkan dia. ''Daniel, kelakuanmu sungguh enggak masuk akal!''

Mulai dari Teater

Aktor yang dijuluki The Great Gambon itu terlahir dengan nama Michael John Gambon di Cabra, pinggiran Dublin, Irlandia. Yakni pada 19 Oktober 1940. Ibunya, Mary, adalah seorang penjahit pakaian. Sedangkan ayahnya, Edward Gambon, adalah insinyur yang bertugas di Perang Dunia II.


RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon meninggal di usia 82 tahun. Ini momentum ketika Michael Gambon syuting Harry Potter and The Order of the Phoenix bersama Ralph Fiennes (kiri), Helena Bonham Carter, dan Daniel Radcliffe.-Warner Bros.-

BACA JUGA: 10 Rahasia ‘Harry Potter’ Terungkap dalam ‘Return to Hogwarts’

Setelah perang, tepatnya pada 1946, Edward Gambon memboyong keluarganya ke London. Karena di sana banyak pekerjaan pembangunan. Keluarga itu menjadi warga negara Inggris. Mengikuti jejak ayahnya, Michael Gambon awalnya belajar menjadi teknisi mesin.

Pada usia 24 tahun, Michael Gambon mulai tertarik berakting. Ia bergabung di sebuah perusahaan teater. Dan mencatat debut pentas lewat drama Othello pada 1962. Tiga tahun kemudian, ia sudah mendapatkan peran di film Othello, yang juga diangkat dari pementasannya.

Total, Michael Gambon berpartisipasi dalam 72 produksi teater (paling banyak Othello), dan 79 judul film. Belum lagi puluhan judul serial televisi yang ia bintangi.

BACA JUGA: J.K. Rowling Merestui Serial Harry Potter HBO, Ini Empat Permintaan Penggemar

Kariernya yang panjang menghasilkan dua gelar Screen Actors Guild (SAG) Awards, serta empat kali gelar Best Actor dalam British Academy Television Awards. Ia juga masuk nominasi Emmy Awads, Tony Awards, serta Golden Globes.

Rest in peace, Professor Dumbledore. Mengutip kata-kata sang penyihir besar, kita tidak perlu sedih ditinggalkan Michael Gambon. Terlebih kasihan kepadanya.

''Do not pity the dead. Pity the living, above all those who live without love.’’ Jangan kasihan sama yang sudah mati. Kasihanlah pada yang masih hidup, tapi tanpa cinta.

Ya, jomblo memang harus dikasihani… (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc