Simak Profil dan Perjalanan Karier Singkat Michael Gambon yang Dikenal Paling Top Berkat Perannya sebagai Albus Dumbledore

Simak Profil dan Perjalanan Karier Singkat Michael Gambon yang Dikenal Paling Top Berkat Perannya sebagai Albus Dumbledore

Michael Gambon yang sangat dikenal karena perannya menjadi Albus Dumbledore dalam film Harry Potter. Namun, sesungguhnya banyak film dan serial televisi yang makin membuat namanya dikenal baik. -Getty Images-

HARIAN DISWAY - Aktor Inggris Michael Gambon, lahir pada 19 Oktober 1940. Ia dibesarkan di London. Pada awalnya, ia bersiap menjadi seorang insinyur seperti sang ayah.

Namun, ia akhirnya terjun ke dunia entertainment. Bahkan pilihannya itu justru membawanya berhasil menghasilkan ratusan karya sepanjang ia menjalani kariernya.

Gambon dikenal luas lewat perannya sebagai Albus Dumbledore dalam film "Harry Potter". Tapi sesungguhnya, baik sebelum maupun sesudah film tersebut, Gambon sebenarnya tetap eksis tampil di berbagai macam fim dan serial TV.

Debut pertamanya ditandai lewat penampilannya Teater Othello di Dublin. Pada 1963 ia mendapatkan peran kecil dalam film "Hamlet" yang disutradarai Laurence Oliver dan diproduksi oleh National Teathre Company.

BACA JUGA: RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon Meninggal di Usia 82 Tahun

Tak lama setelah itu, Gambon mulai dikenal namanya dan menjadi aktor terkemuka. Bahkan ia mendapat pujian kritikus saat menjadi pemeran utama lewat penampilannya alami "Life of Galileo" yang disutradarai oleh John Dexter pada 1980.

Kala itu, Gambon sudah mulai sering dinominasikan. Bahkan ia berhasil meraup tiga penghargaan di Laurence Oliver Awards dan dua kali memenangkan penghargaan Critics' Circle Theater. 

Sejak saat itu, namanya menjadi lebih akrab dikenal oleh publik. Khususnya setelah peran fenomenalnya di BBC Series "The Singing Deective" (1986) karya Dennis Potter.

Serial TV itu bahkan menjadi drama klasik Inggris yang berhasil membawa nama Michael Gambon ke British Academy of Film and Television Arts (BAFTA).

Tak mengecewakan, Gambon berhasil memenangkan penghargaan BAFTA sebagai Best Actor Role. Total, ia memiliki empat penghargaan BAFTA. 

Gambon dikenal serba bisa dalam memerankan karakter apa pun. Namun, dirinya pernah mengungkapkan pada BBC mengenai seleranya dalam memerankan sebuah karakter.

Tak disangka, dari semua peran yang ia terima selama ini, Gambon ternyata lebih memilih dan menyukai karakter jahat dalam karya yang ia bintangi.

Salah satunya perannya dalam film thriller berjudul "The Cook, The Thief, His Wife, and Her Lover" (1989) yang menampilkan dirinya berperan sebagai seorang gangster bernama Eddie.

BACA JUGA: J.K. Rowling Merestui Serial Harry Potter HBO, Ini Empat Permintaan Penggemar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber