Sejarah Baru! Amellya Nur Sifa Jadi Rider Indonesia Pertama yang Raih Emas Asian Games

Sejarah Baru! Amellya Nur Sifa Jadi Rider Indonesia Pertama yang Raih Emas Asian Games

SEJARAH Baru! Amellya Nur Sifa jadi rider Indonesia pertama yang raih emas Asian Games! Amellya Nur Sifa (kanan) merebut emas, dan Jasmine Azzahra merebut perunggu.-NOC Indonesia-

HARIAN DISWAY - Keran medali emas Indonesia di Asian Games 2023 yang sempat macet terbuka lagi. Kontingen Indonesia akhirnya mendapatkan medali emas keempat pada Minggu, 1 Oktober 2023.

Adalah Amellya Nur Sifa, rider BMX, yang berhasil memutuskan paceklik emas Indonesia di Asian Games 2023. Pesepeda putri berusia 20 tahun itu meraih emas dari nomor women’s race.

Sifa pun mencatat sejarah sebagai rider BMX pertama Indonesia yang meraih emas Asian Games untuk kali pertama!

BACA JUGA: Indonesia Puasa Medali Badminton Beregu di Asian Games 2022, Ini Penjelasan PBSI

Sejak disiplin BMX digeber di Asian Games 2010, rider merah putih belum pernah ada yang meraih emas. Prestasi terbaik kita di nomor ini diraih I Gusti Bagus Saputra. Yang meraih perak Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang, lima tahun silam.


SEJARAH Baru! Amellya Nur Sifa jadi rider Indonesia pertama yang raih emas Asian Games! Amellya Nur Sifa (kanan) merebut emas, dan Jasmine Azzahra merebut perunggu. Sifa (paling depan) berlomba di run kedua.-NOC Indonesia-

''Kami sangat bersyukur. Selain karena memang penampilan Sifa bagus sekali, kemenangan ini juga berkat strategi yang maksimal,'' kata Dadang Haries Poernomo, Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, dalam pernyataan pers NOC Indonesia.

Sifa meraih emas setelah mengambil tiga kesempatan run dengan perfect. Dalam final Moto 3 yang digelar di Chun'an Jieshou Sports Centre, Hangzhou, Sifa mendapatkan 3 poin di run pertama. Dia membukukan catatan waktu 44,065 detik.

BACA JUGA: Tim Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia Gigit Jari di Asian Games

Pada run kedua, dia mendapatkan 2 poin, setelah mencatatkan waktu 43,290 detik. Sedangkan di run terakhir, rider asal Temanggung, Jawa Tengah itu, mendapatkan 1 poin tambahan dengan catatan waktu 43,918 detik.

Perolehan itu mengantar Sifa mengalahkan wakil Tiongkok Gu Quanquan. Rider tuan rumah itu menempati peringkat kedua dan meraih perak.


SEJARAH Baru! Amellya Nur Sifa jadi rider Indonesia pertama yang raih emas Asian Games! Amellya Nur Sifa (nomor 10) berlomba di run pertama.-NOC Indonesia-

Guanquan mencatatkan waktu 42,483 detik. Dia mendapatkan 1 poin di run pertama, dan 2 poin di run kedua dengan 41,827 detik. Di run ketiga, dia berusaha mengejar ketertinggalan. Dia merebut 4 poin dengan 44,964 detik.

BACA JUGA: Bulu Tangkis Beregu Putri di Perempat Final Asian Games 2022 Terganjal oleh Tiongkok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: noc