Dramatis! Amellya Nur Sifa Jatuh Sebelum Meraih Emas BMX Asian Games, Ini Penjelasan Dokter Tim Balap Sepeda

Dramatis! Amellya Nur Sifa Jatuh Sebelum Meraih Emas BMX Asian Games, Ini Penjelasan Dokter Tim Balap Sepeda

DRAMATIS! Amellya Nur Sifa jatuh sebelum meraih emas BMX Asian Games 2023, ini penjelasan dokter tim balap sepeda.-Instagram Amellya Nur Sifa-

HARIAN DISWAY - Ada cerita dramatis di balik keberhasilan Amellya Nur Sifa meraih medali emas di Asian Games 2023. Gadis berusia 20 tahun itu menjadi rider pertama Indonesia yang berhasil meraih emas dari nomor BMX.

Di balik senyum kemenangan Amellya Nur Sifa di Chun’an Jieshou Sports Center, Hangzhou, dia mengalami kejadian kurang menguntungkan sebelum lomba. Sehari sebelum race, rider asal Temanggung, Jawa Tengah, itu jatuh.

''Ya, dia jatuh waktu sesi latihan resmi tim Indonesia di lintasan,'' ungkap dr Andhika Raspati, SPKO, dokter tim balap sepeda Indonesia, ketika dihubungi Harian Disway.

BACA JUGA: Sejarah Baru! Amellya Nur Sifa Jadi Rider Indonesia Pertama yang Raih Emas Asian Games

''Bener-bener kemarin banget itu. Sehari sebelum race. Jadi kami cuma punya waktu kurang dari 24 jam untuk mengembalikan kondisinya,'' lanjut dr Dhika, sapaan akrabnya.


DRAMATIS! Amellya Nur Sifa jatuh sebelum meraih emas BMX Asian Games 2023, ini penjelasan dokter tim balap sepeda.-Instagram Andhika Raspati-

Official practice itu sebenarnya bukan kali pertama Amella Nur Sifa mencoba lapangan. Namun, memang ada berbagai faktor eksternal yang menyebabkan pembalap jatuh.

Bisa saja permukaan track, atau apa saja. Sehinga, rider yang sudah berkali-kali melintas di lapangan itu pun punya kemungkinan jatuh.

BACA JUGA: Indonesia Puasa Medali Badminton Beregu di Asian Games 2022, Ini Penjelasan PBSI

''Waktu lagi jumping, landing-nya enggak sempurna. Nyusruk lah, bahasa mudahnya,'' kata dr Dhika.

Saat itu, dr Dhika dan anggota tim medis langsung mengevakuasi Sifa dari track. Dia langsung diperiksa secara menyeluruh. Waktu habis jatuh, sepertinya tidak ada masalah. Rider kelahiran 9 Juli 2003 itu masih bisa berdiri dan berjalan sendiri.

Tim dokter mengecek apakah kepala, leher, atau tulang belakangnya terasa sakit. Sifa menjawab, tidak. Dr Dhika menyimpulkan, kemungkinan terjadinya cedera berat tidak ada. Karena yang paling harus diwaspadai adalah cedera di ketiga bagian itu.


DRAMATIS! Amellya Nur Sifa jatuh sebelum meraih emas BMX Asian Games 2023, ini penjelasan dokter tim balap sepeda. Ini momentum ketika dr Andhika Raspati berpose dengan Amellya (kanan) dan Jasmine Azzahra.-Instagram Andhika Raspati-

BACA JUGA: Sempat Putuskan Pensiun, Harris Raih Emas Wushu Asian Games

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: