Dramatis! Amellya Nur Sifa Jatuh Sebelum Meraih Emas BMX Asian Games, Ini Penjelasan Dokter Tim Balap Sepeda

Dramatis! Amellya Nur Sifa Jatuh Sebelum Meraih Emas BMX Asian Games, Ini Penjelasan Dokter Tim Balap Sepeda

DRAMATIS! Amellya Nur Sifa jatuh sebelum meraih emas BMX Asian Games 2023, ini penjelasan dokter tim balap sepeda.-Instagram Amellya Nur Sifa-

Namun, ketika dia tiba di luar track, Amellya Nur Sifa mulai merasa lemas. Tim dokter membaringkan dia. Lalu melakukan pemeriksaan lagi. Sifa mengaku tangannya sakit. Bahunya tidak bisa digerakkan.

''Takutnya dislokasi. Tapi waktu saya periksa, kayaknya enggak. Kalau dari posisinya sih saya rasa tendon. Mungkin ketarik atau robek,'' papar dokter spesialis olahraga Klinik Utama Eminence itu.

Di saat seperti itu, dr Dhika tidak bisa berspekulasi tentang cedera Amellya Nur Sifa. Apalagi, kurang dari 24 jam lagi, rider yang pernah menjadi runner-up Kejuaraan Asia 2022 itu harus berlomba.

BACA JUGA: M. Sejahtera Dwi Putra Mempersembahkan Emas Pertama Indonesia di Asian Games 2023

Untuk menentukan apakah itu masalah tendon atau ligamen, atlet harus menjalani tes MRI. Padahal, waktunya sangat mepet. Maka, tidak banyak opsi treatment yang bisa diambil.


SEJARAH Baru! Amellya Nur Sifa jadi rider Indonesia pertama yang raih emas Asian Games! Amellya Nur Sifa (kanan) merebut emas, dan Jasmine Azzahra merebut perunggu. Sifa (paling depan) berlomba di run kedua.-NOC Indonesia-

''Paling cuma kompres es saja, sama taping (dibebat tape) bahunya,'' kata dr Dhika. ''Sama, tentunya, obat-obatan untuk mengurangi rasa sakitnya. Prioritas kami, Sifa bisa tampil dulu di race,'' paparnya.

BACA JUGA: Tera dan Harris Horatius Sumbang Emas, Indonesia Naik ke Posisi Ketujuh di Asian Games 2023

Untungnya, upaya yang dilakukan dr Dhika dan tim medis balap sepeda membuahkan hasil. Sifa berhasil tampil maksimal. Sehingga berhasil meraih medali emas dalam partisipasi perdananya di ajang multievent.

Besok, Sifa sudah pulang ke Indonesia. Dhika mengatakan, dia akan melanjutkan treatment di Indonesia.

''Entah di Jakarta atau di kampungnya sendiri, belum tahu. Untuk terapi seperti ini kan enggak bisa sekali dua kali,'' kata dr Dhika. ''Kan siapa tahu dia habis dapat emas mau pulang dulu ke Temanggung,'' pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: