Bookingan Hotel Membeludak Jelang Perhelatan MotoGp 2023, Kemenparekraf Alihkan ke Homestay

Bookingan Hotel Membeludak Jelang Perhelatan MotoGp 2023, Kemenparekraf Alihkan ke Homestay

Kemenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menawarkan opsi homestay ketika menanggapi pesanan hotel yang membeludak Jelang MotoGP 2023. -YouTube Kemenparekraf-https://www.youtube.com/live/Apm0Vrc0sqw?si=FuM8iZRzpsK3nlV5

HARIAN DISWAY - Tingkat okupansi hotel di Lombok Tengah serta Pulau Lombok pada meningkat jelang perhelatan MotoGP Mandalika 2023 pada 13-15 Oktober 2023 yang akan digelar di sirkuit Pertamina Mandalika International Circuit.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno.“Memang tingkat booking hotel itu tinggi. Bahkan sudah maksimal” ungkap Sandi, pada Senin, 2 Oktober 2023.

 

BACA JUGA: Sambut Hari Batik 2 Oktober, Kemenparekraf Gelar Fashion Show Pamerkan Koleksi “Istana Berbatik”

 

Sandi menuturkan, kenaikan okupansi yang begitu drastis ini sebelumnya sudah diprediksi oleh Kemenparekraf.

 

Sebelumnya, kata Sandi, pihaknya memprediksikan peningkatan okupansi bisa mencapai angka 15 persen, karena masa pandemi Covid-19 sudah berakhir. 

 

“Jumlah pengunjung MotoGP ini memang sudah diprediksi akan meningkat. Prediksinya naik antara 10 sampai 15 persen karena kita sudah lewat masa pandemi” tutur Sandi.

 

BACA JUGA: Polemik Bacawapres Prabowo: Duet Dengan Khofifah Banyak Didukung, PAN Tetap Usung Erick Thohir

 

Menparekraf menjelaskan jika pihaknya kesulitan untuk menambah hotel berbintang yang menjadi tujuan utama para wisatawan dalam waktu yang singkat.

 

Maka dari itu, Sandi menawarkan kepada para wisatawan baik asing maupun mancanegara untuk menginap di Homestay sebagai opsi tempat menginap.

 

“Kita ingin mendorong lagi tawaran yang unik ke para wisatawan yaitu tinggal di homestay dan di desa-desa wisata” kata Sandi.

 

Opsi penginapan di homestay yang ada di sekitar Mandalika ini berhasil menjadi kunci unik penyelesaian atas tingginya permintaan penginapan dari para wisatawan.

 

Bahkan, Menparekraf sendiri menuturkan jika terobosan ini berhasil mendapatkan banyak apresiasi dari para wisatawan, karena mereka bisa merasakan suasana baru dengan tinggal di homestay.

 

BACA JUGA: Catat! Ini Lokasi Layanan SIM Keliling untuk Tanggal 3 Oktober 2023

 

“Kita bergerak cepat untuk menyediakan fasilitas akomodasi yang berbentuk homestay, dan ini ternyata berhasil mendapatkan banyak apresiasi. Karena banyak juga wisatawan yang ingin tinggal di suasana berbeda,” ujar Sandi.

 

Sandi menjelaskan lebih lanjut, meskipun pemerintah sudah membangun banyak homestay di sekitar Mandalika, Menparekraf akan tetap meningkatkan pembangunan homestay tersebut agar mampu menampung banyaknya para wisatawan yang akan datang.

 

“Kebetulan ada banyak homestay yang dibanguan pemerintah disekitar Mandalika. Ini yang akan kita gunakan dan akan terus kita tingkatkan," jelas Sandi.

 

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut mengaku optimis berbagai opsi penginapan di Mandalika akan mampu mencukupi permintaan para wisatawan yang hadir dalam perhelatan MotoGP 2023.

 

“Saya tidak terlalu khawatir untuk kekurangan tempat tinggal” kata Sandi. (Salsa Amalika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: