Cuaca Surabaya Semakin Panas! Lakukan Beberapa Tips Ini Agar Tidak Gampang Sakit

Cuaca Surabaya Semakin Panas! Lakukan Beberapa Tips Ini Agar Tidak Gampang Sakit

Cuaca panas: Dua warga Surabaya berjalan di bawah terik matahari. Gunakan pelindung tubuh dan banyak minum air untuk mencegah resiko penyakit akibat terpapar udara panas-Boy Slamet/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Cuaca di perempat akhir tahun 2023 mulai terasa semakin panas. Terutama pada siang hingga sore hari. Suhu panas ini bisa menimbulkan berbagai dampak bagi tubuh. 

Kementerian Kesehatan membagikan berbagai cara pencegahan yang dapat dicoba oleh setiap masyarakat. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga sekaligus mencegah tubuh tumbang terserang penyakit akibat terpapar udara panas.

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencukupi cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.  Anda dapat memperbanyak minum air mineral, tanpa menunggu rasa haus itu muncul. Setidaknya, orang dewasa meminum 8 gelas air per hari.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Sering mengonsumsi banyak buah dan sayuran yang memiliki banyak kandungan air. Seperti semangka, stroberi, jeruk, mentimun, selada air, seledri, dan tomat.

3. Beraktivitas di Dalam Ruangan

Kurangi aktivitas luar ruangan bila Anda menilai cuaca saat ini sedang panas sekali. Anda juga bisa menggunakan payung, jaket, atau topi bila Anda terpaksa keluar ruangan.

BACA JUGA:Migrain dan Heat Stroke Bisa Muncul Akibat Cuaca Panas, Apa Penyakit Lainnya?

4. Pilih Pakaian Longgar

Biasakan diri menggunakan pakaian yang nyaman, ringan, longgar, dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Terlebih, jangan menggunakan pakaian berwarna gelap. 

5. Pakai Sunscreen 

Menggunakan sunscreen minimal 30 SPF untuk digunakan ke kulit. Agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

6. Jangan Makan Cabe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: