Dua Kunci Sukses Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Asian Games 2023 Terungkap, Ini Dia Rahasianya

Dua Kunci Sukses Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Asian Games 2023 Terungkap, Ini Dia Rahasianya

DUA KUNCI sukses Rahmat Erwin Abdullah raih emas Asian Games 2023 terungkap, ini dia rahasianya.-Ishara S Kodikara-AFP

HARIAN DISWAY - Rahmat Erwin Abdullah tampil perkasa di Asian Games 2023. Lifter kelas 73 kg itu meraih emas sekaligus mempetajam rekor dunia atas namanya sendiri di disiplin clean and jerk. Ada dua kunci kemenangannya saat itu.

Sebagaimana diberitakan, dalam kompetisi yang digelar di Xiaoshan Sports Center, Hangzhou, 3 Oktober 2023, Rahmat Erwin Abdullah meraih emas setelah membukukan angkatan total 359 kg.

Rinciannya adalah 158 kg snatch dan 201 kg clean and jerk. Angka terakhir itu lebih berat 1 kg dari rekor yang ia buat sebelumnya di Kejuaraan Dunia 2022 di Bogota, Kolombia.

BACA JUGA: Garang! Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Kelima Indonesia Angkat Besi di Asian Games 2023 dan Pecahkan Rekor Dunia!

Keberhasilan Rahmat Erwin Abdullah menjadi obat kecewa rakyat Indonesia. Setelah dua lifter andalan yang lain, yakni Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah gagal merebut medali.


DUA KUNCI sukses Rahmat Erwin Abdullah raih emas Asian Games 2023 terungkap, ini dia rahasianya.-Ishara S Kodikara-AFP

''Tidak ada tekanan. Memang sudah goals saya (dapat emas), tidak bisa diganggu gugat,'' kata Rahmat.

Setelah percobaan clean and jerk ketiga yang mencapai 201 kg itu, Rahmat hanya tersenyum sambil berpose. Ia lalu mengajak sang ayah yang juga pelatihnya, Erwin Abdullah, untuk naik ke platform. Keduanya lantas berpose menunjukkan biceps bersama.

BACA JUGA: Melesat Cepat! Desak Made Raih Emas Keenam di Asian Games 2022: Saya Yakin Sayalah Juaranya!

Tidak ada selebrasi berlebihan dari lifter berusia 22 tahun tersebut. Bagi Rahmat, emas Asian Games memang target yang harus dicapai. Apalagi, statusnya di nomor ini adalah perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Rekor angkatannya memang tertinggi dari semua kontestan yang bersaing dengannya.

Ketenangan Rahmat Erwin Abdullah menjadi perhatian para jurnalis peliput Asian Games. Mereka takjub dengan sikapnya yang sangat cool sepanjang pertandingan.

Ia nyaris tak menunjukkan ekspresi apa pun. Baik sebelum mengangkat, maupun setelah menjatuhkan barbel. Padahal, dengan usia semuda itu, umumnya atlet bisa menunjukkan emosi.

BACA JUGA: Tragis! Eko Yuli Irawan berkaca-kaca Setelah Gagal Raih Medali Asian Games 2023, Ini Permintaan Maafnya

''Kuncinya memang tetap tenang. Saya tahu saya bakal menang,'' ungkap Rahmat Erwin Abdullah dalam bahasa Inggris, dalam konferensi pers yang digelar usai penyerahan medali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: noc indonesia