Garang! Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Kelima Indonesia Angkat Besi di Asian Games 2023 dan Pecahkan Rekor Dunia!

Garang! Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Kelima Indonesia Angkat Besi di Asian Games 2023 dan Pecahkan Rekor Dunia!

GARANG! Rahmat Erwin Abdullah raih emas kelima Indonesia di Asian Games 2023 dan pecahkan rekor dunia angkat besi!-NOC Indonesia-

HARIAN DISWAY - Luar biasa sekali Rahmat Erwin Abdullah! Atlet 22 tahun itu sukses meraih emas kelima Indonesia di ajang Asian Games 2023 dari cabang angkat besi. Tepatnya di kelas 73 kg.

Tak hanya itu, Rahmat juga sukses mempertajam rekor dunia!

Rahmat Erwin Abdullah mengalahkan pesaing-pesaing terdekatnya, Weeraphon Wichuma (Thailand) dan Oh Kumthaek (Korea Utara). Serta Wei Yinting, lifter Tiongkok, yang sangat superior di angkatan snatch.

Ia tampil mulus sepanjang event yang digelar di Xiaoshan Sports Center Gymnasium, Hangzhou, pada Selasa, 3 Oktober 2023 tersebut.

BACA JUGA: Tragis! Eko Yuli Irawan berkaca-kaca Setelah Gagal Raih Medali Asian Games 2023, Ini Permintaan Maafnya

Lifter kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu mencatatkan angkatan snatch 158 kg dan clean and jerk 201 kg. Total, Erwin membukukan total angkatan 359 kg.


GARANG! Rahmat Erwin Abdullah raih emas kelima Indonesia di Asian Games 2023 dan pecahkan rekor dunia angkat besi!-NOC Indonesia-

Angkatan total itu memecahkan rekor Asian Games. Sedangkan angkatan clean and jerk-nya bahkan memecahkan rekor dunia!

Anak mantan lifter nasional Erwin Abdullah itu tercatat tidak pernah gagal melakukan angkatan. Sejak awal, ia juga sudah memasang beban tinggi. Pada percobaan pertama snatch, ia dengan percaya diri mengambil beban 152 kg. Hanya kalah dari Wei Yinting, yang memasang 153 kg.

BACA JUGA: Terjatuh Sehari sebelum Balapan, Mental yang Tangguh Jadi Kunci Kemenangan Amellya Nur Sifa di Asian Games 2022

Pada akhir angkatan snatch, peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu membukukan angkatan 158 kg. Lagi-lagi, ia hanya kalah oleh Wei Yinting. Pada attempt ketiga, Wei berhasil membukukan angkatan 161 kg. Dengan posisi tersebut, Rahmat sudah mengamankan medali perak.

Nah, kunci keberhasilan Rahmat Erwin Abdullah ada pada sesi clean and jerk. Ia mendaftarkan angkatan awal 190 kg. Jika benchmark-nya adalah Wei Yinting, maka, ia hanya perlu mengalahkan angkatan awal lifter Tiongkok tersebut.

Ternyata, Wei Yinting gagal pada percobaan pertama, 180 kg. Percobaan kedua dan ketiga juga tidak berhasil. Naga-naganya, Erwin akan mengamankan emas.

BACA JUGA: Dramatis! Amellya Nur Sifa Jatuh Sebelum Meraih Emas BMX Asian Games, Ini Penjelasan Dokter Tim Balap Sepeda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: