Melesat Cepat! Desak Made Raih Emas Keenam di Asian Games 2022: Saya Yakin Sayalah Juaranya!

Melesat Cepat! Desak Made Raih Emas Keenam di Asian Games 2022: Saya Yakin Sayalah Juaranya!

DESAK MADE melesat raih emas keenam di Asian Games: saya yakin sayalah juaranya!-Adek Berry-AFP

HARIAN DISWAY - Sesaat setelah tim angkat besi merayakan emas Rahmat Erwin Abdullah, giliran tim panjat tebing yang berpesta di ajang Asian Games 2023.

Para climber Indonesia mengumpulkan satu emas dan dua perunggu pada Selasa malam, 3 Oktober 2023.

Desa Made Rita Kusuma Dewi berhasil meraih emas, setelah menjadi yang tercepat pada nomor speed putri di Shaoxing Keqiao Yangshan Sports Climbing Centre. Gadis asal Bali itu sejak awal yakin, dia bisa meraih medali paling berkilau tersebut.


DESAK MADE melesat raih emas keenam di Asian Games: saya yakin sayalah juaranya!-Adek Berry-AFP

BACA JUGA: Garang! Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Kelima Indonesia Angkat Besi di Asian Games 2023 dan Pecahkan Rekor Dunia!

''Sebelum kompetisi saya selalu meyakinkan diri bahwa saya bekerja keras, sudah berlatih sedemikian rupa, dan ini adalah puncak yang sama impikan selain ke Olimpiade Paris 2024,'' tutur Desak Made, dalam siaran pers yang dirilis NOC Indonesia.

''Saya selalu yakin dan saya adalah juaranya,'' tegas dia.

Desak Made menjadi yang tercepat melahap trek vertikal itu dengan catatan waktu 6,364 detik. Dalam pertandingan final, Desak mengalahkan Deng Lijuan. Climber Tiongkok itu meraih perak dalam waktu 6,435 detik.

BACA JUGA: Tragis! Eko Yuli Irawan berkaca-kaca Setelah Gagal Raih Medali Asian Games 2023, Ini Permintaan Maafnya

''Dalam perlombaan seperti ini, saya tidak mau memikirkan lawan. Fokus ke pemanjatan sendiri. Bagaimana caranya biar memanjatnya cepat, tenang, dan luwes,'' imbuh desak.

Climber putri Indonesia menguasai podium. Selain desak Made, Rajiah Sallsabillah berhak atas perunggu setelah mengalahkan Niu Di (Tiongkok).

Dalam perebutan posisi ketiga, Rajiah mencatat waktu 6,879 detik. Sementara Niu Di gagal menyelesaikan lomba karena terjatuh. Sebelumnya Rajiah tersingkir di babak semifinal setelah kalah selisih 0,138 detik dari Deng Lijuan.


DESAK MADE melesat raih emas keenam di Asian Games. Sedangkan Veddriq Leonardo (kanan) hanya mampu merebut perunggu.-Adek Berry-AFP

BACA JUGA: Terjatuh Sehari sebelum Balapan, Mental yang Tangguh Jadi Kunci Kemenangan Amellya Nur Sifa di Asian Games 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: noc indonesia