Pinjol Dilarang Hubungi Kontak Darurat, Jika Terlanjur Ikuti Cara Ini

Pinjol Dilarang Hubungi Kontak Darurat, Jika Terlanjur Ikuti Cara Ini

Pinjol dilarang menggunakan kontak darurat untuk penagihan-Internet-

HARIAN DISWAY - Ada saja kelakuan debt collector (DC) untuk melakukan penagihan kepada nasabah platform pinjaman online (pinjol) yang menunggak. Salah satunya dengan menghubungi kontak darurat yang diberikan nasabah tersebut.

Di kontak darurat itu, DC akan meminta agar mengingatkan debitur untuk membayar hutangnya. Melihat maraknya emergency contact dilakukan oleh perusahaan pinjol, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun ikut berkomentar.

OJK menyebut perusahaan fintech legal yang terdaftar sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), tidak seharusnya melakukan penagihan hutang lewat emergency contact.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakan, cara  penagihan dengan menggunakan kontak yang tidak bersangkutan berarti ilegal.

Dengan kata lain, pihak yang bersangkutan harus memberikan persetujuan secara langsung. Tidak hanya persetujuan peminjam saja. Kontak HP yang kerap dijadikan kontak darurat oleh peminjam pinjol. 

Itulah mengapa penting cara cerdas agar pinjol tidak lagi akses kontak HP.  Akses kontak hanya sekedar mengirimkan pesan berisi teguran agar membayar cicilan kredit macet.

Tentu saja membuatnya malu sudah pasti merasa tidak nyaman. Tetapi tenang saja, Harian Disway akan memberikan sejumlah tips agar pinjol tidak bisa akses kontak HP Anda.

BACA JUGA: Cara Menggunakan DANA Paylater dan Nikmati Banyak Keuntungannya

1. Hindari Kontak Darurat

Salah satu cara cerdas agar pinjol legal tidak lagi mengakses kontak HP adalah dengan menghindari kontak darurat saat pertama kali mendaftar. Pastikan tidak memasukkan nomor kerabat, teman dekat, atau nomor keluarga. 

Dengan langkah ini, pihak P2P lending tidak akan menghubungi kontak darurat. Biasanya, jika nasabah mengalami gagal bayar, pihak perusahaan P2P lending akan menghubungi kontak darurat.

2. Lunasi Utang

Bukan hanya menghindari kontak darurat saja. Hal yang paling penting adalah Anda harus melunasi hutang sesegera mungkin. Langkah tersebut agar pinjol tidak lagi akses kontak HP. Maka harus membayar sesuai tanggal ditetapkan kemudian lewat cara ini tidak lagi diteror pihak pinjol

BACA JUGA: KUR BSI Tawarkan Bunga yang Lebih Kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: