Jokowi Ogah Jadi Ketua PDIP: Saya Mau Pensiun, Pulang Ke Solo...

Jokowi Ogah Jadi Ketua PDIP: Saya Mau Pensiun, Pulang Ke Solo...

Presiden Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin, didampingi Ketum PDIP Megawati, Ganjar Pranowo dan Prananda Prabowo (paling kanan) dalam rakernas PDIP 29 September 2023-Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Jokowi mengisyaratkan keengganannya untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Anda sudah tahu: Jokowi dalam beberapa hari terakhir diisukan cocok untuk menggeser Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum DPP PDIP. 

Usulan Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP bahkan muncul notabene dari Keluarga Soekarno sendiri. Usulan tersebut dilontarkan oleh putera sulung mendiang Presiden pertama RI Guruh Soekarnoputra. 

Usulan tersebut pun sempat ditanyakan pada Jokowi pada sesi wawancara selepas menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada perayaan HUT TNI ke-78 di lapangan monas, Jakarta, 5 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Guruh Soekarnoputra Usul Jokowi Jadi Ketum PDIP, Partai Keluarga Terancam 

“Saya mau pensiun pulang ke Solo, banyak yang muda-muda,” ujar Jokowi ketika ditanya kesanggupannya menjadi ketua Umum PDIP. 

Ketika ditanya siapa tokoh-tokoh muda yang dimaksud, Jokowi menyebut beberapa nama yang saat ini menduduki jabatan tinggi di partai. “Ada mbak puan, ada mas Prananda,” jelas Jokowi. 

Puan Maharani saat ini menduduki jabatan di DPP PDIP sebagai Ketua Dewan Bidang Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan sekaligus menjadi Ketua DPR RI.

BACA JUGA:HUT ke-78, Presiden Jokowi Pesan Agar Kepercayaan Masyarakat Pada TNI Selalu Dijaga 

Sementara adiknya, Prananda Prabowo adalah Ketua DPP PDIP Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi Digital sekaligus pemimpin situation room pemenangan Ganjar Pranowo dalam pilpres 2024. 

PDIP sendiri selama ini dikenal luas sebagai partai dengan ciri khas berbasis keluarga. Semua keputusan strategis partai sepenuhnya berpusat pada Ketua Umumnya, yakni mantan Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: