Temui Relawan, Prabowo : Jangan Mau Disamakan dengan Anjing!

Temui Relawan, Prabowo : Jangan Mau Disamakan dengan Anjing!

TEMUI relawan, Prabowo : jangan mau disamakan dengan anjing! Foto: Prabowo Subianto dalam Deklarasi Relawan Setia di hotel Kartika Candra, Jakarta Selatan, 7 Oktober 2023.--disway.id

HARIAN DISWAY - Bakal calon presiden (bacapres) dari Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak mau pendukungnya meremehkan bangsanya sendiri. Prabowo mengungkapkan, ia tak ingin ada bangsa lain yang kembali menginjak harga diri bangsa Indonesia.

Hal itu ia sampaikan di depan seluruh relawan yang berkumpul pada acara Deklarasi Setia Prabowo di Hotel Kartika Candra, Jakarta Selatan, Sabtu malam, 7 Oktober 2023.

"Jangan suka anggap remeh orang Indonesia. Terlalu lama kita dianggap remeh, dulu kita dianggap lebih rendah dari anjing," kata Prabowo.

BACA JUGA: Nama Erick Thohir Makin Kuat Disebut Jadi Bacawapres Prabowo, Ini Kata Pengamat

"Verboden voor honden en inlander. Honden itu anjing, inlander itu pribumi," ujar Prabowo, mengutip sebuah tulisan di tempat publik yang membuat hatinya sakit.


TEMUI relawan, Prabowo : jangan mau disamakan dengan anjing! Foto: para relawan mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto di hotel Kartika Candra, Jakarta Selatan, 7 Oktober 2023.-Instagram Prabowo Subianto-

Prabowo berbagi cerita ketika melihat tulisan Verboden voor Honden en Inlander tersebut di masa lalu. Ia mengenang, tulisan itu terpasang di salah satu kolam renang yang dulunya berlokasi di Manggarai, Jakarta Pusat.

"Saya lihat dengan mata saya sendiri. Saya lihat di kolam renang Manggarai tahun 77-78," kisahnya.

BACA JUGA: Lagi, Relawan Laporkan Penyebar Isu Prabowo Menampar dan Mencekik Wamentan

Kolam renang itu, jika dilihat sejarahnya, dibangun pada masa pendudukan Belanda. Sebab, kalimat Verboden voor Honden en Inlander artinya terlarang untuk anjing dan pribumi.

Artinya, kolam tersebut hanya dikhususkan untuk warga Belanda yang ada di Jakarta. Warga pribumi disamakan dengan anjing, tidak boleh mengakses kolam tersebut.

Menurut Prabowo, tentunya kalimat itu menjadi penghinaan yang sangat besar bagi bangsa Indonesia. Yang di masa-masa itu masih dijuluki sebagai kaum pribumi.

BACA JUGA: Janji Prabowo: Bayar Utang ke Rakyat Madura di 2024

Namun demikian, kolam renang yang dimaksud Prabowo sekarang telah tidak ada jejaknya. Dibongkar. Prabowo menyayangkan hal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber