Irjen Pol Dedi Prasetyo: Dua Komentar Kontroversi Kasus Kanjuruhan

Irjen Pol Dedi Prasetyo:  Dua Komentar Kontroversi Kasus Kanjuruhan

Irjen PPol Dedi Prasetyo.-Istimewa-

HARIAN DISWAY - Sosoknya bukan orang lama di Surabaya. Apalagi di Jawa Timur. Ini karena Irjen Pol Dedi Prasetyo lahir di Madiun, 26 Juli 1968.

Kini, perwira tinggi yang menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia berusia 55 tahun. Masih ada tiga tahun lagi sebelum masuk masa pensiun.

Dedi memang termasuk satu dari empat perwira tinggi (pati) Polri yang digadang-gadang menggantikan Irjen Pol Toni Harmanto, Kapolda Jatim saat ini.

Toni masih belum mendapat surat pensiun dari Mabes Polri walaupun tanggal pensiun sudah berlalu empat hari lalu.

BACA JUGA:Kapolda Jatim Toni Harmanto Sudah Pensiun di Wikipedia

Dedi lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990. Setahun setelah lulus, Dedi masuk Polda Jatim.

Selama dua tahun di Jawa Timur, Dedi menjabar sebagai Kaur Binops Serse Polres Lamongan, Kapolsek Deket Lamongan, dan Kasat Serse Polres Lamongan. 

Setelah itu, Dedi kembali ke almamaternya, Akpol. Sejak 1993 hingga 1996, Dedi menjadi Komandan peleton Taruna (Dantontar) Akpol dilanjut menjadi Komandan Kompi Taruna (Dankitar) Akpol.

Tour of duty Dedi dilanjut di Polda Metro dan menjabat sebagai Kapolsek Serpong.

Dari kapolsek ini, Dedi kemudian melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1997 hingga 1999.

BACA JUGA:Muncul Nama Baru Calon Kapolda Jatim: Persaingan Akpol 90 dan 91

Lulus PTIK dan menyandang gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (SIK), Dedi menjadi Kapuskodalops Polres Marabahan pada 1999 dan Kapuskodalops Polres Banjar di tahun 2000. Dua tahun kemudian, hingga 2002, Dedi kembali ke almamaternya, PTIK.

Setelah itu, Dedi masuk ke Staf SDM Polri. Dedi menjabat mulai dari Kaur Tihorkam Ditdalpers, Kaur Tandispeg Ditdalpers, dan Kasubag Tihorkam Rowatpers. Dilanjutkan dengan penugasan sebagai Sespri Wakapolri pada 2004 hingga 2005.

Setelah lulus sekolah pimpinan menengan (Sespimen) tahun 2005 Dedi mendapat tugas sebagai Kabag Bin Polwil Madura Polda Jawa Timur dan Kakorsis SPN Mojokerto Polda Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: