Edukasi agar Terhindar dari Jeratan Pinjol

Edukasi agar Terhindar dari Jeratan Pinjol

Ilustrasi jerat pinjol-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Apa saja yang perlu diperhatikan terkait dengan platform pinjol? Antara lain, penting untuk meneliti dan memverifikasi keabsahan platform pinjol. Terlebih dulu meneliti reputasi, ulasan, dan registrasi resmi mereka dapat membantu mengidentifikasi potensi bahaya. 

Selain itu, pengutang harus menganalisis dengan cermat syarat dan ketentuan perjanjian pinjaman. Memahami suku bunga, jadwal pembayaran, dan biaya-biaya lainnya akan membantu peminjam untuk membuat keputusan yang tepat. 

Jika diperlukan, cari penasihat hukum yang dapat memberikan kejelasan dan perlindungan.

Idealnya, pemerintah harus turun tangan dalam mengatasi fenomena jerat pinjol tersebut. Tentu dengan menyediakan akses terhadap lembaga keuangan yang lebih mudah dan lebih bertanggung jawab. Apalagi dalam situasi ekonomi yang disruptif seperti sekarang. 

Selain menyediakan akses, amat penting mengedukasi warganya di sektor keuangan.

Di Surabaya sudah berdiri koperasi simpan pinjam tanpa bunga berbasis masjid. Sudah dimulai di masjid di kawasan Surabaya Selatan. 

Jamaah yang membutuhkan hanya boleh pinjam Rp 2 juta. Ternyata responsnya luar biasa. Sayang, aset koperasi yang digagas DMI Kota Surabaya itu masih kecil.

Itu inisiatif lain untuk mengatasi maraknya jeratan pinjol di perkotaan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: