Kepala BNPB Serahkan Dana Siap Pakai (DSP) Untuk Pemda se Jatim Atasi Karhutla

Kepala BNPB Serahkan Dana Siap Pakai (DSP) Untuk Pemda se Jatim Atasi Karhutla

Kepala BNPB menyerahkan bantuan dana siap pakai untuk Pemprov Jatim sebesar Rp. 1 miliar untuk penanganan kekeringan dan bencana karhutla -BNPB-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) pada Provinsi Jawa Timur, Senin, 9 Oktober 2023. 

DSP tersebut berjumlah Rp 1 miliar. Diserahkan pada Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Bencana Kekeringan di Wilayah Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan di gedung BPSDM Jatim di Surabaya. 

DSP tersebut diharapkan menjadi modal bagi pemerintah daerah baik Kabupaten maupun Kota di Jatim untuk melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana. Terutama kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

BACA JUGA:Kepala BNPB Sebut Kejadian Bencana di Jatim Meningkat 60 Persen, Dari Kekeringan Hingga Bencana Hidrometeorologis

“Dalam kondisi kedaruratan, kepala daerah jangan segan untuk segera menetapkan status siaga atau tanggap darurat, agar pemerintah (pusat dan provinsi,Red) dapat mendukung langsung kebutuhan masyarakat terdampak,” kata Suharyanto, Senin 9 Oktober 2023.  

Selain itu, kepala daerah agar dapat mengoptimalkan fasilitas hibah rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, agar proses pemulihan hidup dan penghidupan masyarakat berjalan lebih cepat.

BACA JUGA:Seribu Nyawa dalam Dua Hari, Dunia Serukan Perdamaian Palestina-Israel

Selain penyerahan DSP sebesar Rp. 1 miliar pada Pemprov Jatim, BNPB juga memberikan masing-masing Rp. 250 juta pada Pemerintah Kabupaten/Kota yang terdampak bencana kekeringan.

Dana tersebut, kata Suharyanto bisa digunakan untuk belanja peralatan dan operasional penanggulangan bencana kekeringan. 

Dalam beberapa bulan terakhir, Jatim memang dilanda banyak bencana kekeringan dan karhutla. Tercatat kebakaran di beberapa wilayah pegunungan seperti Gunung Bromo dan Semeru, Gunung Arjuno dan Gunung Lawu. 

Hadir dalam rapat tersebut antara lain jajaran pejabat tinggi di lingkungan BNPB, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Anggota Komisi VIII DPR RI, Gubernur Jawa Timur, Bupati dan Walikota serta Kepala Pelaksana BPBD se-Jawa Timur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: