Sering Terpapar Sinar Matahari bisa Sebabkan Sunburn, Cegah dengan Beberapa Langkah Ini

Sering Terpapar Sinar Matahari bisa Sebabkan Sunburn, Cegah dengan Beberapa Langkah Ini

Kondisi kulit yang terlalu lama terkena sinar UV dari sinar matahari dapat menyebabkan sunburn.-The New York Times-www.nytimes.com

HARIAN DISWAY - Cuaca akhir-akhir ini cuku panas. Paparan sinar matahari sangat menyengat kulit

Papran sinar matahari yang berlebihan pada kulit bisa menyebabkan sunburn pada kulit.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, sunburn adalah peradangan hingga kerusakan akibat luka bakar pada lapisan terluar kulit. 

BACA JUGA:Dua Anak Buah SYL Diperiksa KPK Terkait Dugaan Korupsi di Kementan, Ini Peran Mereka

Penyebab sunburn umumnya dikarenakan kulit terlalu sering terpapar radiasi dari dua jenis sinar UV yang berlebihan, yakni sinar UVA dan sinar UVB. Sumbernya sinar UV adalah dari paparan sinar matahari.

Selain itu, orang yang biasanya beraktivitas di luar ruangan, konsumsi antibiotik, bahkan orang yang punya warna kulit yang terang berpotensi terkena sunburn lebih cepat.

Sinar UV inilah yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit ketika sinar UV masuk ke dalam kulit. Proses inilah yang menimbulkan kulit mengalami kemerahan bahkan mengelupas.

BACA JUGA: Sunscreen Saja Tidak Cukup, Lakukan Ini Supaya Kulitmu Terhindar Dari Bahaya Sinar UV

Sunburn dikenal berhubungan erat dengan melamin pada kulit. Dikarenakan melamin berfungsi sebagai pigmen yang memberi warna pada kulit dan mempertahankannya dari sinar matahari.

Bagi orang yang punya melanin lebih sedikit dari kebanyakan orang, sinar UV yang masuk ke kulit menyebabkan sel-sel kulit menjadi merah, bengkak dan nyeri.

Setelah itu, kulit mulai mengelupas sebagai tanda tubuh sedang membersihkan diri dari sel-sel kulit yang sudah rusak.

Tingkat keparahan dari sunburn bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Sunburn ringan dapat diobati mandiri dan biasanya sembuh dalam waktu 7 hari saja. 

Sedangkan sunburn yang berat tergolong kondisi serius yang sama bahayanya dengan luka bakar akibat api atau zat kimia. Bahkan bisa menyebabkan kemunculan tanda-tanda penuaan dini dan risiko terkena kanker kulit.

BACA JUGA: Lima Bahaya Sinar UV dan Cara Menghalaunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: yankes.kemkes.go.id