Fajar Alfian/M. Rian Ardianto Tergusur, Tidak Ada Indonesia di Puncak Ranking Dunia

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto Tergusur, Tidak Ada Indonesia di Puncak Ranking Dunia

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto tersingkir dari ranking satu dunia usai kalah di perempat final Asian Games 2022-PBSI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Keterpurukan bulu tangkis Indonesia masih berlanjut. Setelah gagal meraih medali di Asian Games 2022 Hangzhou, kini tidak ada lagi wakil Indonesia yang menempati puncak ranking dunia.

 

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto kehilangan status sebagai nomor satu dunia. Posisinya telah tergeser oleh Sawiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty per Selasa, 10 Oktober 2023. Kini kedunya terpaut 182,540 poin di posisi teratas BWF World Rankings. Rankireddy/Shetty memimpin dengan 92,411 poin.

 

BACA JUGA:Rionny Mainaky Pasang Badan Atas Kegagalan Tim Bulu Tangkis Raih Medali di Asian Games 2023, Netizen: Ketua PBSI Juga Dong!

BACA JUGA:Duh, Pertama dalam Sejarah, Bulu Tangkis Indonesia Gagal Total di Asian Games: Jangankan Emas, Satu Perunggu pun Tak Dapat

 

Fajar/Rian tercatat menduduki nomor satu dunia selama 41 pekan. Mereka meraih posisi tertinggi pada 27 Desember 2022. Tahun lalu prestasi Fajar/Rian memang moncer. Mereka lolos delapan final dan memenangkan empat di antaranya. Yakni, Swiss Open, Indonesia Masters, Malaysia Masters, dan Denmark Open.

 

Namun, setelah menjadi nomor satu dunia itu, performa Fajar/Rian cenderung tidak stabil. Setelah mengawali tahun 2023 dengan meraih gelar Malaysia Open, Fajar/Rian justru memasuki fase penurunan. Itu membuat mereka akhirnya tergusur dari peringkat pertama dunia.

 

Dari 10 turnamen terakhir, capaian Fajar/Rian adalah 4 kali babak 32 besar, 1 kali babak 16 besar, 3 kali perempat final, 1 kali semifinal, dan 1 kali final.

 

BACA JUGA:Tim Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia Gigit Jari di Asian Games

BACA JUGA: Bulu Tangkis Beregu Putri di Perempat Final Asian Games 2022 Terganjal oleh Tiongkok

Mereka juga gagal mempersembahkan medali di Asian Games 2022 Hangzhou. Sebagai unggulan pertama di turnamen itu, Fajar/Rian tersingkir di babak perempat final. Itu menjadi kali pertama ganda putra (dan Indonesia) tidak meraih medali di Asian Games.

 

All England 2023 menjadi gelar terakhir Fajar/Rian yang diraih pada Maret lalu. Setelah itu, capaian terbaik mereka adalah finalis Korea Open 2023. Namun, pada babak final itu, Fajar/Rian takluk dari Rankireddy/Shetty.

 

Sebaliknya, capaian pasangan India tersebut terus meroket. Rankireddy/Shetty menjadi pemain bulu tangkis India pertama yang meraih emas di Asian Games. Rankireddy/Shetty juga menjadi bagian dari sejarah India yang berhasil memenangkan Piala Thomas untuk kali pertama pada 2022.

 

Persaingan lima besar teratas ganda putra memang ketat. Dalam pekan ke-41 ini, Liang Wei Keng/Wang Chang berada di posisi ketiga dengan 89,991 poin. Disusul Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan 84,864 poin. Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae di posisi kelima dengan 83,155 poin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: