Dosen Untag Surabaya Kembangkan Aplikasi, Bantu Jurnalis untuk Jurnalisme Data

Dosen Untag Surabaya Kembangkan Aplikasi, Bantu Jurnalis untuk Jurnalisme Data

Rapat koorinasi tim dosen Untag Surabaya dengan terakota.id.-Maulana Arief untuk Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Tiga dosen Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya membuat gagasan dan terobosan anyar. Mereka mengembangkan aplikasi untuk memaksimalkan potensi jurnalisme data. Aplikasi tersebut digadang-gadang bisa mendukung kerja wartawan dalam membuat karya jurnalisme data.

Para dosen itu adalah Bagus Hardiansyah (Prodi Informatika), Maulana Arief (Prodi Ilmu Komunikasi), dan Fransisca Benedicta Avira Citra Paramita (Prodi Ilmu Komunikasi). 

Aplikasi itu memanfaatkan program Python dan Google Colab. Keduanya lantas dimodifikasi untuk menganalisis data kuantitaif yang berjumlah besar. Misalnya data kuantitatif dari Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil analisis dari aplikasi itu lantas disajikan dalam bentuk diagram yang mudah dipahami.

BACA JUGA : Ilmu Komunikasi Untag Surabaya Turut Kenalkan Musik Saronen via Media Sosial

BACA JUGA : Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Untag Surabaya Memulai Petualangan Kebinekaan

"Aplikasi itu diharapkan dapat memudahkan jurnalis. Mereka bisa menganalisis dan memvisualisasi data berbasik numerik berjumlah besar untuk produk jurnalisme data. Itu akan lebih mudah dipahami,’’ kata Bagus.

Pembuatan aplikasi itu merupakan bagian program hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) yang dibiayai Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti). 


Pertemuan tim dosen Untag Surabaya dengan terakota.id untuk pengembangan aplikasi jurnalisme data.-Maulana Arief untuk Harian Disway-

Program tersebut membantu media lokal terakota.id di Malang Jawa Timur untuk mengembangan jurnalisme data. Alasannya, media lokal punya keterbatasan tools untuk menganalisis data numerik dalam jumlah besar. Selain itu, program tersebut diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mata kuliah jurnalistik atau data science di Untag Surabaya

"Rencananya, modul pembuatan program aplikasi itu akan didaftarkan HKI untuk dicatatkan sebagai karya kekayaan intelektual," kata Maulana Arief.

Aplikasi data jurnalistik karya dosen Untag Surabaya itu adalah salah satu upaya untuk memajukan jurnalisme data di Indonesia. Khususnya bagi media lokal di Jatim.

Jurnalisme data mengedepankan penciptaan berita dari data terbuka di internet dalam jumlah besar. Penyampaiannya dikemas secara sederhana melalui tulisan dan infografis. Jurnalisme data diharapkan dapat menjadi sarana untuk menyajikan data yang lebih informatif dan mudah dipahami oleh masyarakat. (Yulian Ibra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: