Soal Relawan Projo Dukung Prabowo, Begini Respons PDIP

Soal Relawan Projo Dukung Prabowo, Begini Respons PDIP

SOAL relawan Projo dukung Prabowo, ini respons PDIP. Foto: Prabowo (kiri) menerima Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi (kanan) ketika mendeklarasikan dukungan di Jakarta, 14 Oktober 2023.-Instagram Prabowo Subianto-

HARIAN DISWAY - Organisasi relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Itu bertentangan dengan sikap PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres.

Namun, kubu PDIP mengaku tidak mempermasalahkan sikap Projo mendukung Prabowo Subianto tersebut. Menurut partai berkuasa di Indonesia itu, dukungan organisasi relawan adalah hak demokrasi setiap warga negara.

"Ya, itu hak demokrasi masing-masing organ relawan. Mereka kan organisasi independen dan mandiri. (Sikapnya) tidak bisa dicampuri oleh siapa pun," jelas Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP Ahmad Basarah.

BACA JUGA: Relawan Jokowi Projo Resmi Dukung Prabowo, Ada Nama Ini di Baliknya


SOAL relawan Projo dukung Prabowo, ini respons PDIP.-Instagram Prabowo Subianto-

Ahmad Basarah bilang, keputusan Projo mendukung Prabowo Subianto adalah hasil dari kesepakatan kolektif para anggotanya.

"Saya kira masing-masing organ relawan, yang saya tahu, punya mekanisme organisasi sendiri-sendiri di dalam mengambil keputusan," lanjutnya, dalam Rakor Pemenangan Pilpres dan Pileg PDIP se-Jawa Timur di Vasa Hotel Surabaya, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Pria yang merupakan Ketua DPP PDIP itu menyatakan, dirinya sebagai Ketua Tim Koordinasi Pemenangan Relawan Ganjar Pranowo menghormati setiap keputusan politik yang diambil oleh setiap organ relawan. Untuk menentukan arah politik dan dukungan pada Pilpres 2024.

BACA JUGA: Bakal Terus Dukung Palestina Sampai Merdeka, Prabowo: Senada Dengan Cita-Cita Bangsa di Pembukaan UUD'45

BACA JUGA: Kans PSI Merapat ke Koalisi Prabowo, Gerindra Bilang...


SOAL relawan Projo dukung Prabowo, ini respons PDIP.-Instagram Prabowo Subianto-

Ia juga tidak melihat bahwa aksi Projo mendukung Prabowo adalah cerminan sikap Jokowi di Pilpres 2024 mendatang. Padahal, Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi sendiri mengakui bahwa keputusan mereka menjatuhkan dukungan kepada Prabowo adalah arahan Jokowi.

"Yang sudah jelas tidak usah diperjelas lagi," kata Budi Arie Setiadi, ketika memimpin Projo mendeklarasikan dukungan di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, di hari yang sama.

Komentar Ahmad Basarah yang diplomatis juga bertentangan dengan sikap beberapa kader PDIP yang lain. Salah satunya Ketua Umum Relawan Prabowo Ganjar, Haposan Situmorang. Ia menyebut Projo pimpinan Budi Arie sebagai pengkhianat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber