5 Surga Pariwisata Tersembunyi di Dekat IKN yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Surga Pariwisata Tersembunyi di Dekat IKN yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisatawan menikmati snorkeling di perairan Pulau Maratua di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, salah satu destinasi wisata yang dekat dengan IKN -Kemenparekraf-

Di danau ini, terdapat sekumpulan ubur-ubur yang tidak menyengat yang konon hanya ada dua di dunia, yaitu di Indonesia dan Filipina. Ubur-ubur Danau Kakaban telah berevolusi menjadi ubur-ubur yang tidak menyengat.

Hal ini karena kondisini danau yang berair payau dan tidak ada predator bagi mereka serta sumber makanan yang melimpah sehingga nematosis atau kelenjar sengat ubur-ubur mengalami reduksi sehingga tidak menyengat lagi.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Manfaatkan KTT AIS Forum 2023 untuk Promosi Pariwisata Bali

Wisatawan bisa berenang dengan ratusan ubur-ubur nan cantik ini tanpa takut tersengat oleh mereka. Meskipun ubur-ubur tersebut bisa dilihat oleh mata telanjang, namun ada beberapa perturan yang wajib dipatuhi wistawan, yaitu

  1. Tidak diperbolehkan menggunakan kaki katak atau fin saat berenang karena dayungan kaki katak bisa membuat ubur-ubur disana stres.
  2. Dilarang mengangkat ubur-ubur ke atas permukaan air karena dikhawitirkan akan menganggu keseimbangan ubur-ubur.
  3. Wajib menggunakan kacamata renang saat menikmati pemandangan bawah airnya. Air Danau Kakaban memiliki tingkat keasaman cukup tinggi sehingga dapat membuat mata perih.
  4. Turun ke danau harus menggunakan anak tangga dan dilarang melompat.


Pengunjung bercengkrama dengan ubur-ubur pulau Kakaban yang terkenal tidak menyengat-Kemenparekraf-

3. Pulau Sanggalaki

Pulai ini merupakan salah satu tempat konservasi penyu di Indonesia. Menurut petugas setempat ada sekitar 3.700 penyu yang bertelur di pulau ini setiap tahunnya.

Di daerah ini, tukik yang sehat akan dibiarkan kembali ke habitat lautnya dengan cara alami. Tukik yang berisiko tidak dapat bertahan hidup di alam liar akan dimasukkan ke dalam kolam dan dilepaskan ke laut pada malam hari, bukan pada siang hari, untuk menghindari ancaman dari predator.

Selain penyu, pulau ini juga menawarkan keindahan bioata laut yang menawan. Pulai ini juga terkenal di kalangan penyelam dari berbagai belahan dunia memliki sopt diving yang super indah, diantaranya Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, dan Manta Avenue.

Sayangnya hanya para penyelam yang memiliki lisensi yang bisa menyelam semua taman bawah laut di pulau ini. Namun jangan sedih karena penyelam pemula bisa menikmatinya dengan mengambil paket fun diving.

3. Pulau Derawan

Sejauh mata memandang, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang luas. Pulau ini meruakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia. Pulau ini memiliki kekayaan bahari berupa 872 spesies ikan dan 507 jenis terumbu karang. 

Kepulauan Derawan juga menjadi habitat bagi beberapa jenis hewan yang dilindungi, termasuk penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kerang-kerangan, kepiting kelapa, duyung, ikan barakuda, dan beberapa jenis hewan lainnya. 

Pulau Derawan juga cocok sebagai destinasi liburan bagi keluarga. Anak-anak bisa bermain di sekitar bibir pantai dengan membangun rumah pasir atau mencari kerang warna-warni yang beragam bentuknya. 

4. Goa Halo Tabung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif