Bingung Memilih TV? Ini Bedanya Smart TV dan Android TV, dari Sistem Operasi Hingga Fitur

Bingung Memilih TV? Ini Bedanya Smart TV dan Android TV, dari Sistem Operasi Hingga Fitur

Perbedaan smart TV dan Android TV--

HARIAN DISWAY - Sedang berencana membeli TV baru? Lalu bingung mau beli yang mana? Smart TV, atau Android TV? Kok, harganya beda, sih?

Ya, saat ini, memang tidak sedikit yang belum bisa membedakan antara Smart TV dan Android TV. Sehingga, banyak juga home owner yang akhirnya membeli TV tidak sesuai dengan keinginannya. Waktu hendak meng-install aplikasi layanan streaming baru, eh tidak bisa.

Ya, Smart TV dan Android TV memang sangat berbeda. Smart TV merupakan jenis televisi yang bisa mengakses program tambahan menggunakan internet. Layaknya menggunakan komputer atau laptop dengan TV.

BACA JUGA: Kumpulan Game Android Santai dengan Grafis yang Bikin Rileks, Ada Dekorasi Kamar hingga Koki Kucing

Software-nya ditunjang beberapa aplikasi bawaan untuk hiburan. Mulai dari nonton streaming dengan Netflix, Disney+, hingga Youtube. Ia juga biasanya dilengkapi dengan media sosial Facebook, serta masih banyak aplikasi lainnya.


BINGUNG memilih TV? Ini bedanya Smart TV dan Android TV, dari sistem operasi hingga fitur.-Cottonbro-Pexels

Semua TV yang telah menyediakan konten secara online dengan menggunakan sistem operasi apa pun, sudah bisa dikatakan sebagai Smart TV. Biasanya, Smart TV dibekali sistem operasi khusus oleh merek yang merilisnya.

Nah, itu berbeda dengan Android TV. Sebagaimana namanya, TV jenis ini didukung oleh sistem operasi Android yang didukung oleh Google. Aplikasi streaming apa saja yang ada di Google PlayStore, Anda bisa mengunduh dan memutarnya di TV Android.

BACA JUGA: Cara Periksa Notifikasi Ponsel Android di PC Windows untuk yang Doyan Multitasking

Pada dasarnya, Android TV juga termasuk ke dalam Smart TV. Namun Android TV lebih unggul dalam fungsi tambahan dan aplikasi yang tersedia.

Dari antarmuka, Smart TV membuatnya ramah pengguna dan memiliki performa lebih baik serta lebih cepat dibandingkan Android TV. Namun, dari segi fungsi, Android TV lebih fleksibel.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami rangkum bedanya Smart TV dan Android TV secara singkat:

BACA JUGA: Spesifikasi Lengkap Xiaomi 13T dengan Kamera Leica, Smartphone untuk Fotografer

BACA JUGA: Google Tambahkan Banyak Fitur Baru ke Android

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber