Bingung Memilih TV? Ini Bedanya Smart TV dan Android TV, dari Sistem Operasi Hingga Fitur

Bingung Memilih TV? Ini Bedanya Smart TV dan Android TV, dari Sistem Operasi Hingga Fitur

Perbedaan smart TV dan Android TV--

Program Aplikasi


BINGUNG memilih TV? Ini bedanya Smart TV dan Android TV, dari sistem operasi hingga fitur. Foto: tampilan Android TV.-Sharp-

Android TV didukung oleh Android App Store dengan 10 ribu aplikasi. Pengguna dapat menggunakan berbagai aplikasi layaknya di smartphone Android biasanya.

Sedangkan Smart TV menjalankan sistem operasi lain bawaan merek. Seperti Tizen OS dan WebOS. Jadi dukungan aplikasi jadi lebih terbatas dan hanya menyediakan aplikasi bawaan terkenal yang bisa diakses.

Aplikasi yang paling sering disematkan adalah Netflix dan Disney+. Sehingga, kalau ada aplikasi streaming lain yang hanya didukung oleh sistem operasi Android maupun iOS, tidak bisa diunduh.


BINGUNG memilih TV? Ini bedanya Smart TV dan Android TV, dari sistem operasi hingga fitur. Foto tampilan Smart TV Polytron.-Polytron-

BACA JUGA: Demi Kalahkan Tesla, Pabrikan Mobil Listrik di Tiongkok Ciptakan Smartphone dan OS Sendiri

Pembaruan Otomatis

Untuk pembaruan atau update, Android TV lebih unggul dibandingkan Smart TV. Asalkan terhubung dengan jaringan wi-fi, Android TV dapat melakukan update secara otomatis. Sebaliknya, Smart TV sulit mendapatkan pembaruan.

Asisten Suara

Android TV didukung asisten Google (Google Assistant). Jadi pengguna bisa menggunakannya saat menonton TV. Mulai dari berpindah saluran atau mencari program hanya dengan kontrol suara.

Mencari judul lagu di Spotify, nama penyanyi di YouTube, hingga serial favorit di Netflix, tinggal berbicara ke arah speaker saja. Bahkan ada merek TV yang memanfaatkan remote control sebagai mikrofon.

BACA JUGA: Membedah OPPO Reno8 T 4G dan 5G Baterai Tahan 2 Hari, Cek Harganya!

BACA JUGA: Bocoran Fitur Android 13: Ganti Profil dan Scan QR dari Lock Screen

Sehingga kita bisa memberikan pesan suara ke TV melalui remote. Sangat praktis dan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber