HIPKI-Kadin Jatim Kerjasama Tingkatkan Tingkatkan Kualitas Tenaga Pengajar dan Lulusan Kursus

HIPKI-Kadin Jatim Kerjasama Tingkatkan Tingkatkan Kualitas Tenaga Pengajar dan Lulusan Kursus

Penandatanganan kerjasana dilakukan oleh Ketua HIPKI Kota Surabaya Achmad Zainuddin bersama disaksikan Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto (dua dari kiri).--

HARIAAN DISWAY, SURABAYA - Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Kota Surabaya dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur melakukan kerjasama di bidang pendidikan. Kerjasama yang juga dilakukan bersama Kadin Institute itu bertujuan meningkatkan kualitas SDM pengajar atau instruktur serta lulusan yang dihasilkan. 

Penandatanganan kerjasana dilakukan oleh Ketua HIPKI Kota Surabaya Achmad Zainuddin bersama dengan Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto. Hadir pula Direktur Kadin Institute Nurul Indah Susanti. Nurul selama ini juga sebagai Wakil Ketua Umum Bidang SDM dan Ketenagakerjaan Kadin Jatim.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Gedung Kadin Institute, Surabaya, Rabu 18 Oktober 2023.

Achmad Zainuddin mengungkapkan, peningkatkan kualitas SDM tidak bisa dilakukan sendirian oleh lembaga kursus dan pelatihan. Oleh karena itu perlu adanya kolaborasi bersama Kadin Jatim.

Nah, kerjasama ini sendiri meliputi uji kompetensi teknis pengajar, harmonisasi kurikulum dan pemagangan serta lowongan kerja dan informasi lainnya yang menyangkut kebutuhan dunia kerja.

"Kami berharap ke depan kurikulum yang kita susun sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja. Sehingga siswa yang kami didik tidak salah langkah," ujar Achmad Zainuddin.

Upaya ini menurutnya juga dalam rangka menyiapkan SDM Indonesia dalam menghadapi bonus demografi di 2035.

"Bagaimana menyiapkan tenaga kerja supaya sesuai dengan yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri sehingga mereka siap menghadapi kompetisi atau berwirausaha sesuai dengan bidang masing-masing," tandasnya. 

Ia menegaskan, peningkatkan kualitas lulusan menjadi salah satu prioritas HIPKI karena hidup matinya lembaga pendidikan tergantung dari kualitas  lulusan yang dihasilkan.

"Kalau lulusan banyak yang tidak terserap dunia kerja, maka info negatif akan ke lembaga kami, sehingga HIPKI berusaha bagaimana lulusan ini tetap bisa bekerja dan berusaha," terang Achmad Zainuddin.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengapresiasi atas langkah HIPKI dalam menjalin sinergi dengan Kadin Jatim dan Kadin Institute dalam peningkatan SDM.

Kerjasama dengan Kadin karena kolaborasi dengan stakeholder yang dilakukan HIPKI ini bisa mempercepat peningtakan kualitas SDM di Jatim.

"Terlebih posisi HIPKI di sini sangat strategis. Industri membutuhkan tenaga yang betul-betul kompeten, baik nantinya akan jadi karyawan atau menjadi wirausaha," kata Adik Dwi Putranto.

Melalui kerjasama ini, Kadin Jatim akan menfasilitasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi anggota HIPKI yang akan dilaksanakan oleh Kadin Institute. Serta melakukan harmonisasi kurikulum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: