Surabaya Berdaya, Plan Indonesia dan Lenovo Siapkan 236 Talenta Digital Muda Terjun ke Dunia Kerja dan Berwirausaha di Bidang IT

Surabaya Berdaya, Plan Indonesia dan Lenovo Siapkan 236 Talenta Digital Muda Terjun ke Dunia Kerja dan Berwirausaha di Bidang IT

Setelah dilatih, sebanyak lulusan 236 kaum muda berusia 18-29 tahun itu siap bekerja maupun berwirausaha di bidang teknologi informasi. -Plan Indonesia-

HARIAN DISWAY - Upaya Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan Lenovo dalam mendukung kaum muda Surabaya mendapatkan apresiasi dari pemerintah Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang diwakilkan oleh Kepala Bapedalitbang Kota Surabaya Febrina Kusumawati, menyampaikan harapan pemerintah agar para peserta Youth Excellence in Smart Technology (YES Tech) bisa membagikan pengetahuannya dan memberi manfaat bagi komuniitas.

BACA JUGA: The King Of Cool, Gelar Untuk Laptop Terbaru dari Lenovo Legion 9i, Berikut Spesifikasinya...

Hal itu disampaikan dalam acara YES Tech Graduation and Closing event bertajuk Reaching Beyond Our Lifespan di Santika Gubeng Surabaya, Senin, 23 Oktober 2023. ”Para peserta adalah salah satu pihak yang bisa mencegah tejadinya inflasi besar, melalui lapangan kerja baru yang dibentuk dengan kemampuan yang Anda dapatkan dari pelatihan ini,” ujar Febriana.
YES Tech Graduation and Closing Event bertajuk Reaching Beyond Our Lifespan, yang berlangsung di Surabaya, Senin, 23 Oktober 2023. -Plan Indonesia-

Pernyataan Febriana itu terkait dengan perayaan kelulusan program YES Tech. Mereka yang di antaranya penyandang disabilitas itu telah menyelesaikan penyelenggaraan pelatihan YES Tech yang diberikan bagi kaum muda Surabaya agar siap berkontribusi untuk memajukan perekonomian lokal di Indonesia.

Setelah dilatih, sebanyak lulusan 236 kaum muda berusia 18-29 tahun itu siap bekerja maupun berwirausaha di bidang teknologi informasi. Sejak 2022, para talenta muda telah menjalani pelatihan di bidang teknologi informasi, khususnya terkait digital marketing, web programming, dan IT network and hardware repair. 

Mereka juga menjalani pelatihan kesiapan kerja (soft skill) di mana 154 orang di antara peserta telah mendapatkan pekerjaan baru, menjalani magang, melanjutkan pendidikan, atau membuka usahanya sendiri.

Seperti yang direncanakan Nabila, salah seorang peserta YES Tech. Menurutnya, program tersebut telah membantunya mendapatkan pekerjaan di bidang digital marketing, dua minggu setelah ia wisuda.
Jajaran Yayasan Plan International Indonesia, Lenovo, dan Pemerintah Kota Surabaya yang hadir dalam YES Tech Graduation and Closing Event yang bertema Reaching Beyond Our Lifespan. -Plan Indonesia-

“Terpilih sebagai peserta YES Tech adalah anugerah bagi saya, karena saya mendapatkan wawasan berharga dari mentor-mentor berpengalaman dan (menjadi) memahami pentingnya strategi marketing yang berorientasi pada tujuan. Ilmu dan pengalaman ini sangat berharga,” ujarnya kepada tim Plan Indonesia.

Dijelaskan Pratima Harite, Head, APAC Corporate Citizenship Lenovo program YES Tech merupakan salah satu dari hibah pertama yang diberikan Lenovo Foundation, di bawah naungan TransforMe Grants.

“Melalui hibah TransforMe yang diluncurkan pada 2021, kami menargetkan untuk melengkapi tenaga kerja masa kini, termasuk Anda khususnya peserta YESTech dengan kemampuan untuk mentransformasi karier, kehidupan, dan komunitasnya,” katanya.

Ditambahkan oleh Benedictus Wahyu Sadewo, Youth Employment and Entrepreneurship Program Manager Plan Indonesia, YES Tech memang dirancang untuk menjadi loncatan bagi para talenta digital muda di Surabaya untuk berkarya.

Apalagi mengingat di era digital yang berkembang pesat, tidak semua calon talenta digital bisa mengakses pelatihan atau pendidikan yang mumpuni. Tantangan ini sangat krusial dalam menjamin peluang pekerjaan bagi para generasi muda, serta mewujudkan peningkatan ekonomi lokal dan mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Karena itu, program YES Tech melambangkan salah satu upaya Plan Indonesia dalam memberikan akses kerja nyata kepada kaum muda Surabaya dengan diversifikasi kemampuan teknologi melalui pelatihan yang komprehensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: