Kampanye Sekolah Sehat, Iriana Jokowi dan Wury Ma'ruf Amin Coba Berbagai Permainan Tradisional

Kampanye Sekolah Sehat, Iriana Jokowi dan Wury Ma'ruf Amin Coba Berbagai Permainan Tradisional

Iriana Joko Widodo diikuti Wury Ma'ruf Amin di belakangnya dalam lomba balap karung saat kunjungan kerja di SDN Pakis III/370 Surabaya, Kamis, 26 Oktober 2023.-Julian Romadhon/HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden RI Wury Ma'ruf Amin mengunjungi SDN Pakis III/370 Surabaya bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Kehadiran mereka dalam rangka kunjungan kerja untuk mengampanyekan program Sekolah Sehat. Mereka menyapa anak-anak yang tergabung dalam program Sekolah Sehat. Pun mencoba berbagai permainan tradisional

Ratusan siswa yang datang di SD tersebut pada 26 Oktober 2023 itu diambil dari berbagai sekolah taman kanak-kanak dan sekolah dasar di Surabaya.

Terutama mereka yang telah mengikuti Festival Permainan Tradisional yang digelar Kemendikbudristek di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Surabaya, pada 24 Oktober 2023.
Iriana Jokowi didampingi Wury Ma'ruf Amin menyapa anak-anak yang datang dari berbagai sekolah taman kanak-kanak dan sekolah dasar di Surabaya. Dua perwakilan anak-anak sedang menyerahkan buket sebagai tanda selamat datang. -Julian Romadhon/HARIAN DISWAY-

BACA JUGA: Tampil Luar Biasa! Srikandi TNI dan Polri Suguhkan Aksi Terjun Payung di Perayaan HUT Ke-78 TNI, Persembahkan Bunga Ke Iriana Joko Widodo

Dalam festival tersebut terdapat beragam permainan tradisional yang dilombakan. Yakni neker atau kelereng, bakiak, balap karung, kopral, dan bola paku. Aneka permainan itu juga tersedia di halaman sekolah.

Sejak hadir pada pukul 9 siang, Iriana dan Wury yang mengenakan pakaian olahraga berwarna pink disambut anak-anak. Ada yang menari dengan latar lagu Cublak-Cublak Suweng. Iriana menunduk dan turut berjoget. Begitu pula Wury. "Wah, pinter semua," kata Iriana pada anak-anak itu.

Di halaman SD itulah, Iriana dan Wury berinteraksi akrab dengan anak-anak. Mereka didampingi oleh guru pendamping dari sekolah masing-masing.

Tampak pula Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak serta istri Mendikbudristek Nadiem Makarim, Franka Franklin. Keduanya turut mendampingi istri RI-1 dan istri RI-2 tersebut.
Antusiasme Iriana Joko Widodo melihat anak-anak yang mengikuti lomba balap karung di SDN Pakis III/370 Surabaya, Kamis, 26 Oktober 2023. -Julian Romadhon/HARIAN DISWAY-

Arumi yang tampak ceria menyapa dan berinteraksi dengan anak-anak. Dia lalu menuju bak cuci tangan yang disediakan di sisi utara halaman sekolah. "Ayo cuci tangan, biar tangannya bersih semua. Enggak kena kuman," katanya.

Anak-anak setingkat TK itu berdiri di pinggir tiap bak itu. Masing-masing mereka didampingi oleh ibu-ibu pejabat. Iriana dan Wury berada di barisan depan. Mereka lantas melakukan gerakan mencuci tangan dengan dipandu musik.

BACA JUGA: Dua Taman di Papua Barat Diberi Nama Jokowi-Iriana dan Jusuf Kalla

Kegiatan selanjutnya adalah senam gerakan sekolah sehat. Dua siswa menjadi pemandu di depan. Para ibu menari, mengambil barisan di samping setiap anak. Usai senam, mereka bergerak ke bidang-bidang datar berwarna hitam, tempat permainan kelereng.

Di bidang itu terdapat deretan kelereng yang tersusun rapi di tengah, tatanannya berbentuk segitiga. Seperti permainan bilyar. Di ujung, para siswa memandu ibu-ibu itu untuk bermain.
Selain mencoba permainan tradisional yang sangat menyenangkan, Iriana Jokowi dan Wury Ma'ruf Amin mendampingi anak-anak SD Pakis III/370 Surabaya untuk cuci tangan dengan benar. -Julian Romadhon/HARIAN DISWAY-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: