Selepas Pelantikan, Jokowi Sambut Prabowo di Istana Merdeka: Simbol Transisi Kepemimpinan RI

Selepas Pelantikan, Jokowi Sambut Prabowo di Istana Merdeka: Simbol Transisi Kepemimpinan RI

Ucapan terima kasih menggema saat Jokowi melintas di Bundaran HI menuju gedung DPR RI Senayan. -Cahyono-

HARIAN DISWAY - Setelah dilantik menjadi Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024 di Gedung MPR Senayan, Prabowo segera bertolak menuju Istana Merdeka. Tempat ia tinggal, berkantor, dan menjalankan pemerintahan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. 

Prabowo dan rombongan kepresidenan menaiki mobil Maung Garuda berwarna putih dengan plat nomor Indonesia 1. Setibanya di Istana Merdeka, Prabowo disambut oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo. Keduanya berjabat tangan dalam rangkaian upacara pisah-sambut. 

Acara ini bukan sekadar seremoni, tetapi simbol penting transisi kepemimpinan yang tertib dan damai di Republik Indonesia.

Jokowi tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 12.40 WIB dengan mobil Toyota Alphard hitam berpelat B 1339 ZZH. Kedatangan mantan Presiden RI ke-7 itu tetap disambut antusias oleh warga yang berkumpul di luar Istana. 

Meski akan segera melepas jabatan, sorak-sorai menyambut Jokowi menunjukkan apresiasi. Serta penghormatan masyarakat atas pengabdiannya selama dua periode sebagai Presiden RI.

BACA JUGA:Pidato Presiden Pertama Prabowo, Targetkan Indonesia Swasembada Pangan dan Energi

Setelah turun dari kendaraan, Jokowi melambaikan tangan kepada tamu undangan yang telah memenuhi halaman Istana Merdeka. Bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, mereka kemudian menunggu kehadiran Presiden terpilih Prabowo Subianto di area pilar Istana.

Acara pisah sambut ini diadakan sebagai wujud simbolis dari pergantian kekuasaan di Indonesia. Menandakan bahwa transisi kepemimpinan berlangsung secara damai dan penuh kehormatan. Setelah upacara selesai, Jokowi akan segera berangkat menuju Solo, Jawa Tengah. Dengan menggunakan pesawat TNI AU. Uniknya, Prabowo, sebagai tanda penghormatan, akan turut mengantar Jokowi hingga Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI

BACA JUGA:Prabowo Disambut Tepuk Tangan, Gibran dan Kaesang Disoraki Peserta Paripurna MPR

Kedua sahabat yang pernah jadi rival selama 2 kali Pemilu Presiden itu tampak emosional dalam momen tersebut. Memperlihatkan hubungan erat kedua tokoh nasional tersebut. 

Dengan berakhirnya masa kepresidenannya, Jokowi akan kembali ke kehidupan pribadi di Solo. Sementara Prabowo bersiap memimpin Indonesia ke depan. Transisi ini memperlihatkan stabilitas demokrasi dan kesatuan bangsa dalam menjalankan roda pemerintahan.(*)

*) Elsa Amalia Kartika Putri, Mahasiswi Politeknik Negeri Malang, Mahasiswi Program Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: