Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD: Reuni Solo

Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD: Reuni Solo

PELANTIKAN Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD. Agus pernah menjabat dandim Solo (2009-2011). Kala itu Jokowi menjabat wali kota Solo. Kini reuni Solo pun terjadi. -Setpres-

SATU LAGI, perwira TNI yang pernah melewati titik karier di Solo mendapat promosi menjadi salah satu pucuk pimpinan TNI.  

Jenderal Agus Subiyanto yang baru dilantik menjadi KSAD, 25 Oktober 2023, kala perwira menengah menjabat Dandim Solo (2009–2011). Ia pun bertemu Jokowi yang menjabat wali kota saat itu.

Setelah Jokowi menjadi presiden, mereka kembali bertemu. Agus ditarik ke istana, sebagai komandan Paspampres (2020–2021). Tentu hal tersebut makin membuat mereka dekat karena sehari-hari Paspampres melekat sebagai pengawal RI-1.

BACA JUGA:Mentan Amran Sulaiman Fokus Tekan Impor, KSAD Ikut Amankan Pemilu 2024 dan Papua

BACA JUGA:Wacana Jabatan Panglima TNI dan KSAD Diperpanjang Setahun ke Depan, Jokowi: Masih Proses!

Hanya dua tahun setelah meninggalkan jabatan komandan Paspampres, Agus  kembali ke istana. Untuk dilantik sebagai KSAD, menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman. Dudung akan memasuki masa pensiun.

Jabatan KSAD itu sudah tidak bisa dibilang semata-mata sebagai karier profesional. Namun, bisa juga kita kategorikan sebagai jabatan politis. Sebab, penunjukan dan pengangkatannya lewat keputusan presiden. Jadi, sesuai dengan ”selera” presiden. Presiden tinggal memilih di antara bintang tiga yang ada. Juga, dilantik langsung oleh presiden.


JENDERAL TNI Agus Subiyanto dilantik sebagai KSAD yang baru. Ia menggantikan Dudung Abdurachman.-Setpres-

Itu sama halnya dengan panglima TNI, juga berdasar ”selera” presiden. Bedanya, untuk panglima TNI, harus ada persetujuan DPR. Harus menjalani fit and proper test di parlemen.

Penunjukan Agus sebagai KSAD agak mengejutkan. Sebab, sempat berseliweran isu, pengganti Dudung adalah Letjen Maruli Simanjuntak yang kini menjabat pangkostrad. Masuk akal jika banyak yang menjagokan Maruli. Sebab, selama ini sebagian besar menduduki jabatan KSAD setelah memegang pangkostrad.

Maruli juga menantu Luhut Pandjaitan, menteri sangat berpengaruh yang kini sedang dirawat di Singapura. Selain itu, yang membuat prediksi mengarah ke Maruli, ia lebih dahulu menjabat komandan Paspampres. Jenderal Agus menjadi komandan Paspampres mengganti Maruli.

Ternyata Jokowi menjatuhkan pilihannya ke Agus Subiyanto. Naiklah dari wakil KSAD menjadi KSAD.


JENDERAL TNI Dudung Abdurachman (kiri) memasuki masa pensiun. Ia diganti dengan Jenderal TNI Agus Subiyanto. -Setpres-

Jenderal Agus masih aktif dua tahun lagi. Pensiun 5 Agustus 2025. Pintu menjadi panglima TNI terbuka lebar buat alumnus Akmil 1991 itu. Sebab, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki pensiun sebulan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: