Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD: Reuni Solo

Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD: Reuni Solo

PELANTIKAN Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD. Agus pernah menjabat dandim Solo (2009-2011). Kala itu Jokowi menjabat wali kota Solo. Kini reuni Solo pun terjadi. -Setpres-

Lain halnya, bila Jokowi memilih opsi memperpanjang masa dinas Panglima Yudo. Sudah ada preseden, dulu Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto juga pernah dapat tambahan masa dinas aktif. Namun, sampai sekarang belum ada sinyal dari istana untuk memperpanjang masa jabatan Laksamana Yudo.

Nah, bila panglima TNI diganti, Jenderal Agus yang paling besar peluangnya. Regulasinya: presiden memilih kandidat panglima TNI dari tiga kepala staf angkatan (KSAD, KSAL, dan KSAU). Bisa bergilir (realitasnya tidak harus bergilir).

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, secara usia, kurang dari 6 bulan lagi, memasuki pensiun. Tepatnya April tahun depan. KSAL Laksamana Muhammad Ali kelahiran 9 April 1967, masih ada satu setengah tahun pensiun. Namun, belum pernah ada cerita, panglima TNI dari Angkatan Laut diganti dari matra Angkatan Laut juga.


KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan keterangan pers.-Setpres-

Jenderal Agus Subiyanto, secara usia, masih dua tahun lagi masuk purnawirawan. Namun, poin paling penting yang membuat kans begitu kuat jadi panglima TNI ialah pernah menjadi komandan Kodim Solo dan komandan Paspampres. Tentu sangat saling kenal dengan Jokowi.

Marsekal Hadi Tjahjanto yang menjadi panglima TNI –sebelum Laksamana Yudo– juga ”geng Solo”. Ia menjabat komandan Lanud Adi Soemarmo, Solo, (2010–2011). Saat Jokowi masih wali kota. Setelah pensiun pun, Hadi tetap dipakai Jokowi, menjadi menteri agraria.

Kita tunggu dalam beberapa hari ke depan, apakah Jokowi akan mengajukan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai panglima TNI?

Peluang reuni mantan pejabat Solo bisa jadi terwujud bila Jenderal Agus geser ke kursi panglima TNI. Sebab, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga mantan kepala Polresta Solo (2011). Saat Jokowi jadi wali kota dan Agus Subiyanto menjabat dandim (2009–2011). 

Di tahun pemilu yang berpotensi panas ini, apakah Jokowi akan konsolidasi bersama koleganya di forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah), saat sama-sama masih menjabat di Solo? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: