Mulai Hujan di Jawa Bagian Barat, Cuaca Ekstrim di Banten dan Cimahi

Mulai Hujan di Jawa Bagian Barat, Cuaca Ekstrim di Banten dan Cimahi

Sebuah pohon tumbang menimpa bangunan di Kota Cimahi pada Rabu, 25 Oktober lalu. Sebagain wilayah Jawa Barat melaporkan turunnya hujan dengan intensitas cukup tinggi bahkan disertai angin kencang-Pusdalops BNPB-

HARIAN DISWAY - Mendekati akhir Oktober 2023, hujan sudah mulai turun di  sebagian wilayah Indonesia. Khususnya di bagian barat Pulau Jawa

Hujan bahkan turun dengan intensitas yang cukup tinggi disertai dengan angin kencang. Seperti yang terjadi di Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Banten pada Kamis, 23 Oktober 2023. 

Kejadian tersebut sampai membuat sejumlah pohon tumbang hingga mengakibatkan 2 orang meninggal dunia. 

Sehari sebelumnya, cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin puting beliung juga menimpa Kota Cimahi di Jawa Barat sekitar pukul 13.00 WIB siang. 

BACA JUGA:Dua Orang Meninggal Dunia Setelah Angin Kencang Landa Pandeglang

Berdasarkan laporan yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB yang terbit pada Jumat, 27 Oktober pukul 10.00 WIB, peristiwa ini terjadi di tiga Kecamatan yaitu, Kecamatan Cimahi Selatan, Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Utara.

Peristiwa angin puting beliung ini menyebabkan banyak rumah warga dan fasilitas umum rusak karena tertimpa pohon-pohon yang tumbang. 


Petugas berusaha melakukan pembersihan pada pohon tumbang yang menutupi jalur rel Cimahi-Cimindi-Pusdalops BNPB-

Rata-rata kerusakan rumah ada pada bagian atap. Genting-genting serta atap asbes rumah warga beterbangan disapu angin puting beliung.

Selain kerusakan atap rumah-rumah warga, pohon tumbang juga menutupi rel kereta api Cimindi-Cimahi.

Menurut data yang dihimpun, kerugian materil meliputi 6 unit rumah rusak sedang, 34 unit rumah rusak ringan serta merusak fasilitas umum. 

BACA JUGA:Kekeringan, Polres Jombang Pasok 14.000 Liter Air dan Sembako di Desa Klitih

BACA JUGA:Kapan Mulai Turun Hujan? BMKG Prediksi El Nino Masih Berlangsung Hingga Akhir Tahun, Namun Angin Barat Mulai Masuk Akhir Bulan Ini

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun, 24 kepala keluarga atau 96 warga terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: