Kapan Mulai Turun Hujan? BMKG Prediksi El Nino Masih Berlangsung Hingga Akhir Tahun, Namun Angin Barat Mulai Masuk Akhir Bulan Ini

Kapan Mulai Turun Hujan? BMKG Prediksi El Nino Masih Berlangsung Hingga Akhir Tahun, Namun Angin Barat Mulai Masuk Akhir Bulan Ini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memprediksi El Nino akan terus berlangsung sampai akhir tahun, namun angin muson barat akan mulai bertiup akhir Oktober membawa hujan ke Indonesia-BMKG-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa El Nino masih akan berlangsung hingga akhir tahun 2023. 

Namun kondisi cuaca dan suhu Indonesia yang panas akan sedikit berkurang dengan datangnya Angin Muson Barat yang bertiup dari benua Asia ke Australia pada akhir Oktober 2023. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa menurut data satelit terkini, kondisi El Nino diprediksi masih akan berlangsung hingga akhir Oktober. 

BACA JUGA:Kabar Gembira! BMKG Nyatakan Musim Kemarau Kering Mulai Pergi pada Akhir Oktober 2023

El Nino merupakan fenomena iklim yang dapat mempengaruhi pola cuaca di berbagai wilayah, menyebabkan kemarau yang panjang dan cuaca ekstrem.

Untungnya, pada bulan November, akan terjadi transisi dari musim kemarau ke musim hujan. 

Meskipun El Nino diprediksi akan tetap berlangsung hingga akhir tahun, ada harapan membaiknya cuaca di Indonesia dengan masuknya Angin Monsoon yang bertiup dari benua Asia mulai bulan November ini. 

"Alhamdulillah karena adanya angin monsun dari arah Asia sudah masuk mulai November, jadi insya allah akan mulai turun hujan di bulan November,” jelas Dwikorita dikutip dari laman BMKG, 4 Oktober 2023.  

BACA JUGA:BMKG Prediksi Kemarau Panjang Akibat Badai El Nino Berlangsung hingga Awal 2024

Mantan Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tersebut melanjutkan, ini berarti pengaruh El Nino akan mulai berkurang secara bertahap. 

“Cuaca kering akan mulai tersapu oleh hujan sehingga diharapkan kemarau kering insya allah berakhir secara bertahap", jelasnya.

Meskipun transisi musim hujan akan segera tiba, Dwikorita mengingatkan agar masyarakat dan jajaran pemerintah tetap mewaspadai karhutla

“Hati-hati jangan memicu nyala api karena kondisi masih kering sehingga jika terjadi kebakaran maka pemadaman akan tetap sulit dilakukan,” pesannya. 

BACA JUGA:Jaga Ketahanan Pangan, BMKG Ajari Petani Untuk Adaptasi Perubahan Iklim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: