SAC Bali Nusra Tuntas Digelar, 48 Atlet Lolos ke National Championship!

SAC Bali Nusra Tuntas Digelar, 48 Atlet Lolos ke National Championship!

Sebanyak 48 delegasi SAC Bali Nusra foto bersama usai dinyatakan sebagai pemenang yang lolos ke National Championship.--

KUPANG, HARIAN DISWAY - Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers tuntas digelar Sabtu 28 Oktober 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu telah menemukan 48 juara SMA. Mereka lolos dan siap bersaing di tahap National Championship. 

Di level nasional atau National Championship, sebanyak 48 delegasi Bali Nusra Qualifiers (dari Bali dan Nusa Tenggara) akan berjumpa dengan wakil dari regional qualifiers yang lain.

Mereka akan bersaing di berbagai nomor lomba. Demi memperebutkan gelar sebagai Champion SAC.

Nomor yang dipertandingkan pun sama. Mulai dari sprint, middle distance, relays, long jump hingga shot put.

Wakil dari Bali Nusra Qualifiers secara otomatis akan mewakili sekolah dan daerahnya masing-masing di babak National Championship nanti. Yang rencananya akan digelar di Solo, pada Januari mendatang. 

Banyak pemula bermunculan melalui kompetisi ini. Salah satunya adalah Petrus Wanda. Yang berasal dari SMA Sudirman Kupang. 

Petrus, begitu ia kerap disapa, berhasil merebut podium pertama lompat jauh putra dengan perolehan jarak 5, 51 meter. Meskipun dirinya tidak memiliki background sebagai atlet atletik. 

Tak hanya itu, Bali Nusra Qualifiers 2023 juga memberikan kesempatan bagi mereka yang belum berkesempatan naik podium di musim sebelumnya. 

BACA JUGA:French Open 2023: Gregoria Gagal Revans Lawan Sindhu, Janji Temui Psikolog

Misalnya adalah Muhammad Faiz Al Farizi. Juara 100 meter putra Bali Nusra Qualifiers 2023 dari SMA Darul Muhajirin Praya, Lombok. 

Muhammad Faiz Al Farizi rupanya pernah mengikuti SAC Indonesia di musim sebelumnya. Hanya saja ia belum berkesempatan untuk naik podium juara. Sehingga, ingin mencobanya di musim baru. Rupanya, Faiz tampil maksimal tahun ini. Hingga membawa pulang satu tiket National Championship. 

Selain itu, ada satu fenomena unik dalam penyelenggaraan Bali Nusra Qualifiers 2023. Yakni banyaknya sekolah yang kawin gelar. 

SMA Giovanni Kupang misalnya, kawin gelar di nomor relays. Sekolah tersebut menjuarai 4x100 meter putra dan putri. Bukan hanya itu, SMAN 7 Kupang juga kawin gelar di nomor 1.000 meter putra dan putri.  

Sekum Pengprov PASI NTT, Karel Muskanan, mengaku terharu atas diselenggarakannya Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Apalagi SAC Bali Nusra berhasil memunculnya bakat-bakat baru dalam olahraga atletik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: