Peresmian Groundbreaking LRT Velodrome-Manggarai, Menhub RI Apresiasi Kinerja Pemprov DKI Jakarta

Peresmian Groundbreaking LRT Velodrome-Manggarai, Menhub RI Apresiasi Kinerja Pemprov DKI Jakarta

Menhub resmikan pembangunan LRT Fase 1B rute Velodrome Rawamangun-Manggarai dengan acara Groundbreaking pada Senin, 30 Oktober 2023. -Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Pembangunan LRT Fase 1B rute Velodrome Rawamangun-Manggarai resmi dimulai dengan kegiatan Groundbreaking pada Senin, 30 Oktober 2023.

Acara peresmian yang dihelat di Stasiun Velodrome, Jakarta tersebut dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Juga Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin, Direktur Utama LRT Jakarta Hendri Saputra, dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal.

Dalam kesempatan itu, Menhub mengapresiasi inisiatif dan perhatian dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus konsisten mengembangkan transportasi massal perkotaan.
Menhub Budi Karya Sumadi dan PJ Gubernur Heru Budi Hartono resmikan Ground breaking LRT Jakarta Fase I B, Stasiun Velodrome-Stasiun Manggarai pada Senin, 30 Oktober 2023. -Kemenhub-

“Inisiatif dan anggaran pembangunan LRT ini berasal dari Pemprov DKI. Ini menjadi contoh yang baik bagi Pemda lainnya dalam mengembangkan transportasi massal perkotaan di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

BACA JUGA: LRT Jabodebek Layani 2 Juta Penumpang Dalam 3 Bulan, Kemenhub Obral Tarif Promo untuk Weekend

Menteri Budi mengungkapkan, untuk membangun transportasi massal membutuhkan perencanaan yang baik dan dilakukan secara bertahap.

“Saya yakin pak Pj Gubernur DKI tidak akan menyia-nyiakan setahun jabatannya untuk menyelesaikan satu tahap pembangunan LRT Jakarta. Kalau tidak diselesaikan bertahap, sampai belasan tahun pun tidak akan dimulai-mulai pembangunannya,” tutur Menhub.

Lebih lanjut, Menhub berharap transportasi massal di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya semakin terintegrasi antara satu moda dengan moda lainnya, sehingga semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal ketimbang kendaraan pribadi.

"Dengan semakin panjangnya rute LRT Jakarta, diharapkan penumpangnya semakin banyak. Saya sekali lagi mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi massal.

Dengan begitu, dapat mengurangi kemacetan, mengurangi kerugian secara finansial, dan lingkungan menjadi lebih baik,” terang Menhub.

BACA JUGA:LRT Bali Mulai Dibangun 2024, Simak Rute dan Tarifnya

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub dan Kemen PUPR sehingga pembangunan LRT Fase 1B bisa dimulai.

“Faktor kunci untuk mendorong masyarakat mau menggunakan transportasi publik adalah kemudahan dan kenyamanan. Untuk itu saya meminta agar pembangunan LRT fase 1B bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditetapkan," kata Pj Gubernur DKI.
Menhub Budi Karya Sumadi dan PJ Gubernur Heru Budi Hartono meresmikan groundbreaking LRT Jakarta Fase I B, Stasiun Velodrome-Stasiun Manggarai pada Senin, 30 Oktober 2023. -Kemenhub-

LRT Jakarta Fase 1B memiliki rentang jalur sepanjang 6,4 Km yang memiliki lima stasiun yaitu: Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai. 

Selain itu, LRT Fase 1A yang sudah beroperasi memiliki enam stasiun yaitu Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, serta Stasiun Velodrome.

Sehingga nantinya total panjang jalur dari Stasiun Pegangsaan Dua (Kelapa Gading) sampai ke Stasiun Manggarai yaitu sepanjang 12,2 km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 26 menit.

Pembangunan jalur LRT dari Velodrome sampai Pramuka tersebut ditargetkan rampung pada September 2024. Sedangkan sampai ke Manggarai Menhub menargetkan untuk bisa mulai beroperasi pada 2026. (Salsa Amalika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: