6 Rekomendasi PB IDI untuk Penanganan Lanjutan Penyebaran MPox di Indonesia

6 Rekomendasi PB IDI untuk Penanganan Lanjutan Penyebaran MPox di Indonesia

Dinkes DKI Jakarta melacak jejak kontak pasien yang terpapar Cacar Monyet-Ilustrasi/Freepik -

HARIAN DISWAY - Cacar monyet atau dikenal Mpox diketahui telah menyebar di wilayah DKI Jakarta

Menurut data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta per 27 Oktober 2023 melaporkan bahwa 15 orang positif MPox dan 1 kasus yang pasiennya sudah sembuh per bulan Agustus 2022. 

Pada dasarnya, penyakit ini termasuk penyakit zoonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia. Namun, kini penyakit ini bisa ditularkan ke sesama manusia.

Ketua Satgas MPox IDI Dr Hanny Nilasari mengatakan bahwa penyakit MPox ini seringkali terabaikan dan disepelekan karena orang mungkin berasumsi bahwa gejalanya tidak serius dan akan sembuh dengan sendirinya.

BACA JUGA:Penyebaran MPox di Dunia Sangat Cepat, PB IDI Nilai Informasi di Masyarakat Masih Minim

“Padahal penyakit MPox sangat mudah menular dan bisa berujung fatal bagi penderita yang punya sistem kekebalan tubuhnya lemah,” tegasnya dalam keterangannya pada tanggal 29 Oktober 2023 di Jakarta.

Bahkan Mpox seringkali mendapatkan prioritas rendah dari berbagai organisasi. Banyak organisasi yang tidak memandang MPox sebagai isu prioritas dibandingkan penyakit lain, seperti HIV/AIDS, tuberkulosis, atau malaria.

Selain itu, dari data yang sama menyatakan bahwa dari 14 orang kasus positif aktif dengan positivity rate PCR 44 persen memiliki gejala ringan dan mereka tertular akibat melakukan kontak seksual

“Semua pasien berjenis kelamin laki-laki dengan kisaran usia 25-50 tahun,” ujar Hanny.

BACA JUGA:Virus Cacar Monyet Menyebar di Jakarta, Berikut 9 Cara Pencegahannya Menurut Ahli

Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga membeberkan terkait 20 orang dengan hasil PCR negatif, dan 2 orang yang masih menunggu hasil PCR. Dari tanggal 13 Oktober hingga saat ini, 14 orang dengan kasus positif tengah menjalani isolasi di RS. 

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI juga telah menyediakan vaksin MPox yang telah diberikan pada 251 orang dari target 495 orang.

Berangkat dari masalah itu, Hanny menyampaikan 6 rekomendasi lanjutan dari PB IDI mengenai Penanganan kasus Mpox di Indonesia per tanggal 29 Oktober 2023.

1. Penyampaian informasi mengenai MPox yang baik dan komprehensif ke masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: