Masih Sering Keliru? Ini Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam

Masih Sering Keliru? Ini Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam

Seperti halnya produk-produk skincare lainnya, pembersih wajah juga memiliki jenis dan kategori yang berbeda-beda. Sering kali orang-orang sulit membedakan produk pembersih wajah seperti facial foam dan facial wash. -iStock-

Sesuai dengan teksturnya yang berbeda, facial foam dan facial wash pun memiliki fungsi yang berbeda pada kulit penggunanya.
Berbeda dengan facial foam, facial wash yang kebanyakan berbentuk seperti gel, cenderung memiliki fungsi untuk melembabkan dan mencegah iritasi kulit. -iStock-

Facial foam memiliki fungsi mengangkat minyak berlebih pada wajah dan menarik sel-sel kulit mati. Sehingga dapat membuat kulit tampak lebih cerah setelah dibersihkan.

Seringnya facial foam memang diperuntukkan bagi kulit-kulit yang memiliki masalah seperti jerawat dan muka berminyak. Sehingga formula yang dikandungnya akan cocok digunakan bagi kulit dengan tipe berminyak.

Berbeda dengan facial foam, facial wash yang kebanyakan berbentuk seperti gel, cenderung memiliki fungsi untuk melembabkan dan mencegah iritasi kulit.

Karena sifatnya yang cukup menghidrasi, maka produk ini lebih cocok digunakan pada kulit normal hingga kering.

3. Tata Cara Penggunaan

Perbedaan yang terakhir ialah pada tata cara penggunaanya. Meski terlihat sepele, sebenarnya hal ini cukup penting guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Pada facial foam, setelah menuangkan produk ke dalam telapak tangan, kita masih harus mengusapnya cukup lama sampai memunculkan busa yang cukup banyak. -iStock-

Pada facial foam, setelah menuangkan produk ke dalam telapak tangan, kita masih harus mengusapnya cukup lama sampai memunculkan busa yang cukup banyak. Setelah itu, barulah produk bisa dioleskan secara menyeluruh pada wajah.

Bedanya, pada facial wash tidak berlaku hal yang sama. Facial wash yang cenderung bertekstur seperti gel, tidak akan menghasilkan busa meski kalian usap-usap cukup lama. Bila muncul pun tetap hanya dalam takaran yang kecil.

Sehingga, penggunaan facial wash cukup dengan menuangkan produk pada telapak tangan lalu mengusapnya sebentar dan langsung diaplikasikan secara menyeluruh pada bagian wajah.

Lalu setelah diusapkan pada wajah dan sedikit diberi pijatan, baik itu facial foam maupun facial wash harus dibilas dengar air sampai bersih.

Itulah beberapa perbedaan facial foam dan facial wash agar tidak salah pilih produk pembersih wajah yang dibutuhkan kulit Anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber