Presiden Akan Resmikan Peletakan Batu Pertama Bandara VVIP IKN Besok, Menhub Cek Kesiapan

Presiden Akan Resmikan Peletakan Batu Pertama Bandara VVIP IKN Besok, Menhub Cek Kesiapan

Menhub Budi Karya Sumadi mengamati maket bandara VVIP IKN yang akan dibangun di dekat KIPP IKN. Peletakan batu pertama rencananya akan dilakukan oleh Presiden Jokowi esok hari-Kemenhub-

PENAJAM PASER UTARA, HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek lokasi bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibukota Negara Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Selasa, 31 Oktober 2023. 

Bandara yang terletak di Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur tersebut dibangun untuk mendukung konektivitas para pejabat negara di IKN nantinya. 

Kunjungan tersebut merupakan persiapan awal dari proses peletakan batu pertama (groundbreaking) yang menurut rencana akan dilakukan sendiri oleh Presiden Jokowi Rabu, 1 November 2023 esok hari. 

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN Mulai Dibangun Bulan Depan, Didesain Dengan Budaya Kalimantan dan Teknologi Ramah Lingkungan

“Hari ini saya memastikan dan meninjau lokasi pembangunan Bandara IKN Nusantara. Insya Allah Bapak Presiden bersedia untuk melakukan groundbreaking besok," ujar Menhub.

Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan itu juga akan melakukan peninjauan lewat udara melalui helikopter di lokasi bakal Bandara IKN yang berjarak 23 KM dari titik 0 IKN.

Menhub menjelaskan, pembangunan Bandara IKN dilakukan sesuai dengan konsep besar IKN yaitu berorientasi pada alam dan ramah lingkungan. 


Menhub dan sejumlah manager proyek pembangunan di lokasi bandara VVIP IKN yang terletak sekitar 23 kilometer dari titik nol KIPP IKN-Kemenhub-

Sementara konsep desain dari bandara memadukan unsur kearifan lokal dengan unsur modern, yang desainnya melibatkan sejumlah arsitek.

BACA JUGA:November Tahun Ini Juga Investor Swasta Kelas Kakap Mulai Bangun IKN

Bandara IKN dibangun untuk mendukung konektivitas di IKN, serta melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. 

Selain meninjau lokasi bakal Bandara IKN, Menhub juga meninjau lokasi bakal Pelabuhan pendukung IKN. Pelabuhan ini juga untuk mendukung pariwisata di sekitar IKN, karena akan difungsikan juga sebagai pelabuhan wisata.

Turut mendampingi Menhub adalah Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi dan Plt. Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: