Intip Konsep dan Strategi Ekonomi Hijau Ala Prabowo-Gibran

Intip Konsep dan Strategi Ekonomi Hijau Ala Prabowo-Gibran

INTIP konsep dan strategi ekonomi hijau ala Prabowo-Gibran. Foto: Gibran saat dideklarasikan sebagai cawapres Prabowo di Indonesia Arena, 25 Oktober 2023.-YouTube Merdeka-

HARIAN DISWAY - Dari visi misi yang ditawarkan pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk Pilpres 2024, ada satu yang cukup menarik perhatian. Yakni ekonomi hijau (green economy). Apa itu?

Menurut paslon Prabowo-Gibran, ekonomi hijau ala mereka adalah menerapkan seluruh konsep yang terkandung dalam kategori green economy di berbagai sektor yang ada di Indonesia. Dengan melibatkan seluruh masyarakat.

Ekonomi hijau sendiri merupakan sebuah program ekonomi yang bertujuan menciptakan perekonomian yang menitikberatkan pada proteksi lingkungan.

BACA JUGA: Khofifah dan Ridwan Kamil Disebut Masuk TKN Prabowo-Gibran, Erick Thohir Tidak

BACA JUGA: Langkah Prabowo-Gibran Makin Mulus: DPR RI Setujui Perubahan PKPU dan Perbawaslu Sesuai Putusan MK

Dengan kata lain, program ini bertujuan untuk mempertahankan atau bahkan menambah potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke titik tertingginya. Dengan tidak menghasilkan efek gas rumah kaca secara berlebihan.


Pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengusung 8 misi dalam Pilpres 2024.-Disway.id/Anisha Aprilia-

Terdapat tiga program utama dalam konsep ekonomi hijau. Yakni transisi bahan bakar fosil, optimalisasi efisiensi energi, dan mitigasi perubahan iklim.

Dari tiga program utama itu, tujuan utamanya adalah agar masyarakat dapat lebih meningkatkan kesadaran urgensi untuk beralih dari bahan bakar fosil ke bahan bakar non fosil.

BACA JUGA: Ada Tokoh Jatim yang Bakal Gabung Tim Prabowo-Gibran, Khofifah?

Pengurangan bahan bakar fosil dapat mengoptimalkan dekarbonisasi energi, serta dapat memperkuat kebijakan mitigasi perubahan iklim dalam negeri.

Dalam dokumen program yang diserahkan oleh paslon capres-cawapres Prabowo-Gibran, terdapat beberapa program yang berfokus pada pembangunan ekonomi.

Contohnya, memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

BACA JUGA: Luhut Dukung Prabowo-Gibran? Loyalitas Saya ke Presiden Jokowi Tak Pernah Luntur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: