Pembangunan Jembatan Kali Glidik II yang Hancur Akibat Banjir Lahar Semeru Rampung, Lalu Lintas Kembali Normal

Pembangunan Jembatan Kali Glidik II yang Hancur Akibat Banjir Lahar Semeru Rampung, Lalu Lintas Kembali Normal

Potret jembatan baru Kali Glidik di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang yang telah rampung dibangun pada 1 November 2023-Kementerian PUPR-

LUMAJANG, JAWA TIMUR - Jembatan Kali Glidik II yang hancur akibat terjangan banjir lahar dingin Semeru pada Juli 2023 lalu telah selesai dibangun kembali 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan jembatan sepanjang 38 meter tersebut tepat seperti yang dijanjikan, yakni 4 bulan. 

Jembatan Kali Glidik II terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang yang berbatasan dengan Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang


Proses finishing disertai uji beban dinamis dan statis Jembatan Kali Glidik II dilakukan pada Senin, 30 Oktober 2023-Kementerian PUPR-

Jembatan ini adalah lintasan bagi Jalan Nasional Lumajang - Malang yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Malang. Jembatan ini hancur diterjang banjir lahar hujan pada 7 Juli 2023 lalu.    

BACA JUGA:Diterjang Lahar Semeru, Butuh 4 Bulan Untuk Membangun Kembali Jembatan Kali Glidik II

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali (BBPJN Jatim-Bali) Rakhman Taufik mengatakan, selesainya pekerjaan tersebut ditandai dengan open traffic Jembatan Kali Glidik II yang dilakukan Kamis, 2 November 2023 tepat pukul 09.00 WIB. 

"Jembatan ini akhirnya bisa dilalui secara fungsional setelah dilakukan uji pembebanan statis dan dinamis pada Senin, 30 Oktober 2023 lalu,” kata Rakhman. 

“Dengan selesainya Jembatan Kali Glidik II maka konektivitas jalur lintas selatan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang kembali tersambung," imbuhnya. 

Ia menejlaskan, jika sebelumnya akses jalan nasional antara dua kabupaten tersebut terhambat dan dialihkan ke lintas utara, maka dengan fungsionalnya Jembatan Kali Glidik yang baru ini diharapkan dapat memperlancar kembali arus lalu lintas dan logistik di lintas selatan Jawa Timur.

BACA JUGA:Video Viral Tampilkan Jembatan Kali Glidik II Lumajang Putus Diterjang Banjir

BBPJN Jatim - Bali pada Rabu, 1 November 2023 lalu telah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jatim, Dinas Perhubungan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Kepolisian serta pihak terkait lainnya untuk membahas mengenai open traffic Jembatan Kali Glidik II tersebut. 

"Pekerjaan Penggantian Jembatan Kali Glidik II yang runtuh akibat banjir lahar dingin tanggal 7 Juli 2023, rampung lebih cepat delapan hari dari target waktu semula yaitu 10 November 2023," kata Rakhman Taufik. 

Jembatan Kali Glidik II yang baru ini menggunakan konstruksi Rangka Baja Permanen Tipe A-45 dengan panjang bentang 45 meter dan lebar 9 meter. Selain itu, dalam paket Penggantian Jembatan Kali Glidik II juga meliputi penanganan jalan pendekat sepanjang 200 meter.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: