Daftar Konglomerat yang Masuk TKN Prabowo-Gibran, Kekayaannya Puluhan Triliun

Daftar Konglomerat yang Masuk TKN Prabowo-Gibran, Kekayaannya Puluhan Triliun

Prabowo-Gibran didampingi KIM melaksanakan proses pendaftaran Capres dan Cawapres pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum.--@prabowo

Bakrie Group, gurita bisnisnya, memiliki beragam bidang usaha. Mulai dari properti, perkebunan, pertambangan, sampai media masa.

Selain menjadi pengusaha sukses, pria kelahiran Sumatra tersebut juga memiliki rekam jejak politik yang cukup cemerlang. Salah satu buktinya adalah menjadi ketua umum Partai Golkar (partai warisan Orde Baru yang sangat besar dan kuat) selama dua periode.

Ia juga sangat lihai, karena mampu menjaga hubungan dekat dengan penguasa mana pun. Bergabung nya Aburizal Bakrie di TKN mampu menambah kekuatan finansial di belakang layar Prabowo-Gibran.

Dulu, pada 2006, kekayaan Aburizal mencapai USD 9,2 miliar. Alias Rp 143,9 triliun jika dihitung dengan kurs saat ini. Namun, sekarang jumlah itu sudah merosot karena valuasi perusahaannya juga turun. Tapi, kekayaannya ditaksir masih puluhan triliun.

BACA JUGA: 3 Menteri Dipastikan Tak Masuk TKN Prabowo-Gibran, Simak Alasannya

BACA JUGA: Walikota Medan Bobby Nasution Resmi Dukung Prabowo-Gibran

2. Hashim Djojohadikusumo


DAFTAR konglomerat yang masuk TKN Prabowo-Gibran, kekayaannya puluhan triliun.-Romeo Gacad-AFP

Adik kandung Prabowo Subianto ini turut terdafatar dalam tim kampanye. Hashim merupakan pengusaha ulung, memiliki berbagai cabang bisnis.

Di bawah bendera Arsari Group gurita bisnis Hashim bergerak di berbagai bidang usaha. Mulai dari pertambangan, agribisnis, perkebunan, dan kehutanan.

Daripada Prabowo, Hasim memang lebih mewarisi kemampuan ayah dan kakeknya dalam berbisnis. Ya, Hashim dan Prabowo adalah anak dari ekonom besar Soemitro Djojohadikusumo.

BACA JUGA: Partai Garuda Sebut Putusan MKMK Tak Bisa Batalkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Ia adalah pengusaha sekaligus mantan pejabat pemerintahan di era Orde Lama maupun Orde Baru. Soemitro sudah ditunjuk menjadi Menteri Keuangan sejak era Presiden Soekarno di dekade 50-an.

Hashim (yang kekayaannya ditaksir mencapai Rp 10,4 triliun) sempat menyelamatkan perusahaan milik Prabowo dari kebangkrutan.

Sejak Prabowo mencalonkan diri pada 2009, Hashim setia menemani dan mendukung kakaknya di balik layar. Ia kini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber